DIGITAL PLL CONTROLLER FOR ICOM IC-125

ada yang masih punya koleksi VHF Transceiver Icom-125? dengan Chanel selectornya yang hanya disediakan 6 buah saja.... ingin bebas lepas kemanapun Dial di kayuh? anda bisa tambahkan digital kontroler untuk Icom IC-125. rasanya memang seperti terpenjara memiliki radio Chanel. Icom IC-125 masih banyak ditemui tapi jarang di manfaatkan karena memang alasan terpenjara sebatang kara.

Icom IC-125 menggunakan TC9122 untuk pembagi terprogram di dalam sistem PLLnya. TC9122 sendiri masih menggunakan sistem data pararel untuk memprogramnya. ini merupakan kerugian dari sistem jika akan dihubungkan ke Mikrokontroler, karena akan memakan banyak PORT mikrokontroler. kalaupun kita tambahkan shift register juga percuma, karena akan menambah cost. kecuali harga IC register murah.

untuk itu ya memang harus memakai Mikrokontroler yang PORT banyak. Atmega16A sudah cukup untuk mengendalikanya, ditambah display Seven Segment atau LCD. akan tetapi pada kesempatan ini kita gunakan Seven Segment. penggunaan Seven Segment memiliki Aura tersendiri, terkesan klasik tapi tetap inovatif. kelemahanya adalah membutuhkan PORT yang banyak. sedangkan keuntungan menggunakan LCD adalah penggunaan PORT yang sedkit. bahkan dengan teknologi I2C hanya membutuhkan 2 PORT mikrokontroler saja. dan keuntungan yang lain LCD mampu memberikan tampilan yang lebih informatif. misalnya menampilkan Sinyal meter, Status RX/TX, Status Power Hi/Lo, Indikator Batery, dll hanya dengan sebuah LCD saja.

DIGITAL PLL CONTROLLER FOR ICOM IC-125

sebenarnya bisa saja semua modul DIGITAL PLL CONTROLLER FOR ICOM IC-125 dimasukkan ke dalam Box Icom-125 dengan membuang speaker internal dan beberapa bagian yang memang tidak begitu menggannggu sistem. akan tetapi pada kesempatan kali ini semua modul akan di berikan Box sendiri, dan dipasang diluar. oh..iya  ada tambahan Signal Meternya. untuk Push Button ukup disediakan 2 tombol yang berfungsi untuk tombol VFO/Memory dan tombol Store untuk menyimpan Chanel.

untuk memorinya tersedia 0 - 9 memory. ini rasanya sudah mencukupi untuk jenis Radio Band sempit. walaupun sebenarnya bisa saja lebih dari itu. ini semua karena keterbatasan Mikrokontroler yang di gunakan dan penggunaan Seven Segmen yang sangat menyita PORT mikrokontroler. memorinya tidak perlu memakai EEPROM eksternal. kita gunakan saja yang internal dengan alasan lebih simpel dan hemat. menurut datasheet kemampuan Baca/Tulis EEPROM Internal memiliki siklus yang lebih pendek dibanding EEPROM eksternal. 

untuk S-meter bisa memakai VU biasa dengan rangkaian penguat yang dipakai Icom IC-02N. S-meter ini dihubungkan ke penguat RF setelah di turunkan menjadi 455KHz, untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Icom IC-125 yang satu dengan yang lain belum tentu sama, ada beberapa versi. ini karena pengguanaan frekuensi yang berbeda-beda pula. jadi modul kontroler belum tentu sama satu dengan lainya. untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan seting frekuensi di modul kontroler untuk menyesuaikan dengan Transceiver Icom IC-125 yang anda miliki.


Artikel Terkait

DIGITAL PLL CONTROLLER FOR ICOM IC-125
4/ 5