MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI

MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI sendiri sangatlah mudah, untuk tahap belajar bisa menggunakan 2 buah HT.  dalam percobaan ini menggunakkan HT ICOM IC-V68 untuk Receive maupun untuk transmit.Untuk rangkaian automatic bisa menggunakan skema pada gambar skema Repeater di bawah. Sinyal busy bisa kita ambilkan dari V+ IC audio. Sinyal ini selalu mengeluarkan tegangan saat menerima sinyal dari luar. Sinyal ini dikendalikan oleh Squelch untuk membuka dan menutup. Sinyal busy untuk selanjutnya kita hubungkan dengan rangkaian Relay. Dengan satu Transistor sudah cukup untuk menggerakkan relay. Untuk menghubungkan Relay ke TX cukup menggunakan extramic. Switch PTT di extramic kita hubungkan ke rangkaian relay.

Ketika kita menggunakan stasiun Relay atau repeater saat tombol PTT dilepas terdengar sejenak jeda. Ini bisa sebagai penanda bahwa repeater dapat bekerja. Dan dan biasanya di akhiri dengan nada.  jeda  ini bisa kita atur intervalnya, terlalu pendek tidak bagus begitu pula terlalu panjang. Untuk mengatur jeda bisa mengubah ubah nilai Capasitor Pada rangkaian dibawah.

MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI
Rangkaian Kontroler Repeater

Sinyal Busy pada HT ICOM IC-V68 bisa dilihat dibawah ini:
dari skema bisa di lihat untuk sinyal Busy bisa diambil dari IC Audio dengan seri TA7368F pada pin 2

MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI

untuk lebih jelas dimana posisi IC TA7368F bisa dilihat pada layout dibawah

MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI
jika masih kurang jelas lagi perhatikan foto di bawah ini. he.....

MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI

dengan menggunakan kabel Audio Mono (kabel kecil isi 2) solderkan kabel tengah ke Pin2 IC TA7368 kemudian kabel yang tebal/groung solderkan ke jalur Ground HT Icom V-68. kemudian kabel ini kita tarik keluar, bisa dengan ara melobangi bagian belakang Casing untuk melewatkan kabel ini. kemudian Output kabel tersebut di hubungkan ke Input rangkaian kontroler Repeaternya. 

untuk menghubungkan output kontroler Repeater ke HT Icom IC-V68 yg berfungsi sebagai TX cukup disolderkan ke saklar PTT. sedangkan untuk menghubungkan Audio RX ke HT TX bisa dilakukan dengan menghadapkan Extramic TX ke Speaker HT RX. atau bisa di lakukan seara Direct lewat jalur Speaker HT RX ke MI HT TX. 

sedikit info bagaimana MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI ini menggunakan HT Icom IC-V68, HT jadul sejuta umat. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

MEMBUAT REPEATER RADIO KOMUNIKASI
4/ 5

1 komentar:

19 Februari 2020 pukul 20.29 delete

Terimakasih infonya sangat bermanfaat

Reply
avatar