cara membuat lampu emergency dari baterai hp

cara membuat lampu emergency dari baterai hp sangatlah mudah sob, kali ini saya mau berbagi bagaimana mewujudkan sebuah lampu emergency buatan sendiri yang tentunya akan lebih memuaskan. dan kabar baiknya adalah hampir 90% komponen bisa kita ambil dari barang bekas. bekas baterai hp, bekas LCD hp, dan beberapa tambahan komponen murah meriah yang lain. loh...kok pake bekas LCD hp? yah...LCD hp bekas disini adalah bekas LCD hp yang sudah rusak. kita sisakan bagian Frame belakang, reflektor, dan led tentunya.

emergency ini nantinya akan kita lengkapi dengan rangkaian otomatis saat PLN off lampu bisa nyala sendiri. juga bisa dicharge menggunakan Cas hp sekalian. berikut bahan yuang harus anda siapkan untuk membuat lampu emergency dari baterai hp.
  1. Baterai hp. pilih baterai yang besar, biasanya baterai smartphone berukuran besar
  2. LCD hp. pilih LCD berukuran 4" keatas
  3. Diode 1A 2 buah
  4. Relay 5V
  5. Resistor 1K
  6. Transistor 9014
  7. kabel kecil/kawat
  8. PCB bolong bolong
berikut skema sederhana cara membuat lampu emergency dari baterai hp yang otomatis dan bisa di Charge. rangkaian ini sangat sederhana dan bisa diandalkan. akan lebih bagus jika rangkaian charger menggunakan modul charger khusus Li-Ion yang menggunakan IC TP4056. ini akan membuat baterai lebih aman, karena pada beberapa baterai jika hanya menggunakan Diode sebagai penurun tegangan baterai kadang ada yang melembung, terutama baterai non original. pada batrai origianal hampir tidak pernah ditemukan baterai yang melembung.

rangkaian lampu emergency dari baterai hp

cara kerja rangkaian lampu emergency dari baterai hp otomatis dan bisa dicharge:
jika saklar on/off di onkan maka led akan menyala tergantung dari kehadiran listrik PLN atau tidak. jika PLN hidup maka charger hp 5 volt akan mengaktifkan relay, dan lampu akan mati. kerja ini di deteksi oleh R1 dan akan mengaktifkan transistor. D1 berfungsi untuk menurunkan tegangan 5V ke 4.2V untuk mencharger baterai, D1 juga sekaligus mencegah arus masuk ke R1.

skema lampu emergency dari baterai hp

skema cara membuat lampu emergency dari baterai hp yang lain bisa juga tanpa menggunakan relay. relay bisa diganti dengan transistor BD139. prinsip kerjanya sama seperti rangkaian diatas.

tips-tips cara membuat lampu emergency dari baterai hp bisa dicharge dan otomatis menggunakan lampu dari LCD hp.... pilihlah LCD dengan susunan LED Pararel, LCD dengan susunan LED seri tidak bisa di pakai, kecuali kita tambahkan sebuah DC to DC converter untuk menaikkan tegangan baterai 3.7V. tentunya ini akan menambah cost.

demikian tadi sob cara membuat lampu emergency dari baterai hp dengan led menggunakan bekas LD hp yang sudah rusak. banyak sekali ditemukan LCD ponsel rusak bisa karena retak atau pecah. ini akan mengurangi limbah elektronik dan mengasah kreatifitas kita sebagai penghobi elektronik.

Artikel Terkait

cara membuat lampu emergency dari baterai hp
4/ 5

1 komentar:

13 Juli 2020 pukul 16.53 delete

Terimakasi gan.sekemanya.... salam sukses......

Reply
avatar