cara memperbaiki lampu led

cara memperbaiki lampu led 10watt merek i-hemat dari VISICOM
untuk membongkar lampu 10watt merek i-hemat dari VISICOM ini sediakan sebuah pinset, obeng, power supply, dan blower atau solder uap. jika tidak punya Blower bisa memakai seterika listrik. masukkan salah satu ujung pinset ke celah antara bodi lampu dan kaca lampu (sebenarnya bukan kaca). gerakkan atau dorong pinset melingkari badan lampu, hati hati pinset bisa terlepas dan mengenai tubuh. ini dilakukan untuk membuang lem putih. putar dan putar terus hingga lem putih terkelupas semua.

cara memperbaiki lampu led

cara memperbaiki lampu led 10watt merek i-hemat dari VISICOM
setelah itu masukkan kedua ujung pinset seperti pada gambar dibawah, lalu congkel ke arah bawah. dan penutup lampu akhirnya terlepas juga. jika lampu belum mau lepas ulangi langkah pertama.

cara membongkar lampu led

cara membongkar lampu led

cara memperbaiki lampu led 10watt merek i-hemat dari VISICOM
setelah itu lepas solderan kabel dan juga 2 buah sekerup. lalu amati led, biasanya led yang mati pada permukaannya terdapat spot berwarna hitam kecoklatan. akan tetapi belum tentu juga led tersebut mati, alangkah baiknya jika kita tes langsung menggunakan tegangan. gunakan tegangan 9 volt yang terhubung seri ke sebuah resistor 10 ohm. 
cara membongkar lampu led cara memperbaiki lampu led

cara memperbaiki lampu led 10watt merek i-hemat dari VISICOM
tandai led yang sudah redup atau mati, setelah itu lepas led tersebut menggunakan blower atau solder uap. bisa juga menggunakan seterika listrik. 

kemudian pasang led yang baru, atau bisa juga diambilkan dari lampu lain yang rangkaiannya sudah mati.
jika led tetap tidak mau menyala kemungkinan rangkaian Buck Converter AC220 to DC mengalami kerusakan juga. periksa Resistor Fuse yang dipasang pada masukan rangkaian Buck Converternya.

jika anda ingin menyalakan atau sekedar ingin menguji lampu ini, anda membutuhkan tegangan DC yang cukup besar sekitar 50V. anda bisa menggunakan DC to DC converter yang mampu mengeluarkan tegangan diatas 50V.

Artikel Terkait

cara memperbaiki lampu led
4/ 5