ini loh cara membuat lampu led sendiri

ingin tahu cara membuat lampu led sendiri dengan hasil memuaskan dan awet....membuat sendiri hasil karya elektronik apapun terasa lebih puas, termasuk membuat lampu led. karena merakit sendiri kita bisa memanfaatkan beberapa komponen bekas yang masih bagus. untuk baterai kita bisa memakai baterai ponsel, baterai power bank, bahkan baterai laptop. sedangkan untuk lampu led kita bisa memakai lampu led bekas display ponsel 4" - 5", display tablet, bahkan display Laptop bisa kita pakai. di dalam display dispaly itu terdapat led dan refektor yang dapat menyala sangat terang.

langsung praktik saja yah...berikut cara membuat lampu led, sebelumnya siapkan dulu komponen dibawah ini

  1. Led 1 watt
  2. Resistor 10 Ohm 1/2watt
  3. Swith On/Off
  4. PCB kosong/PCB lubang juga boleh
  5. seutas kawat atau kabel
  6. Baterai Ponsel, Tablet, Power bank, atau laptop.
berikut skema cara membuat lampu led sendiri dengan mudah dan menyenangkan, dan tentunya hemat sob...

cara membuat lampu led sendiri

saklar dan baterai tidak harus seperti yg di gambar. bisa memakai baterai merek apapun. memakai saklar geser juga bisa. rangkaian lampu led 1 watt diatas sangat cocok untuk penerangan kamar ukuran kecil. bisa juga sebagai lampu senter, bahkan lampu emergensi skala kecil. mudah dan menyenangkan bukan cara membuat lampu led sendiri diatas.

bagaimana jika baterai habis? bagaimana cara menchargernya?
untuk mencharger kita bisa menggunakan charger ponsel seperti biasanya. charger ponsel mengeluarkan tegangan 5V dengan arus >500mA. sedangkan tegangan charger baterai Li-Ion single cell adalah 4.2V. untuk menurunkan tegangan 5V ke 4.2V kita bisa menggunakan Diode. kita tahu bahwa diode silikon mempunyai kelemahan yang justru menjadi keuntungan dalam sistem elektronik. kelemahan diode silikon adalah tengangan maju diatas 0.7V. sehingga tegangan yang diberikan padanya akan selalu berkurang 0.7V, sehingga 5V(teg charger) dikurangi 0.7V=4.3V. lho kok ada kelebihannya, apa gak berbahaya? sebenarnya charger ponsel tidaklah tepat 5V. biasanya kalau diukur 4.9V sehingga jika dikurangi 0.7 hasilnya akan 4.2V, sip toh cara membuat lampu led sendiri ini

cara membuat lampu led sendiri

tambahkan Diode 1 ampere dan USB micro konektor. jika susah memasang USB micro bisa diganti dengan Konektor DC plug yang lebih besar. akan tetapi kepala charger harus diganti dengan kontra DC yang sesuai. nah...tambah ok kan jika bisa dicharge ulang. baterai akan penuh kira kira setelah 1.5 jam. oh jadi begitu yah cara membuat lampu led yang bisa dicharger ulang.

selanjutnya akan saya share cara membuat lampu led kamar tidur sederhana yang langsung terhubung ke 220v. lampu ini untuk lampu remang-remang kamar. menggunakan 4 buah led 0.5 watt, resistor 1Mohm, resistor 1Kohm 3 watt, dan sebuah kapasitor 470nf 400v. jadi bisa sangat hemat sekali listrik dan biaya pembuatannya. perhatikan gambar skemanya dibawah ini
cara membuat lampu led 220v

demikian sob cara membuat lampu led sendiri dan sederhana ini. kita bisa mengembangkan sendiri lampu led ini dengan daya yang lebih besar. sehingga bisa menerangi seisi rumah. misal 3 watt, 10 watt, dan selebihnya. tentunya semakin besar daya lampu semakin besar pula daya baterai yang harus disediakan. termasuk rangkaian yang mungkin akan lebih banyak lagi. dan jika akan memakai tegangan dari PLN AC 220v seperti gambar diatas dengan watt yang lebih besar tinggal memperhitungkan daya dan nilai Resistor yang dipakai.

Artikel Terkait

ini loh cara membuat lampu led sendiri
4/ 5

1 komentar:

23 Desember 2019 pukul 16.52 delete

Terimakasih udah berbagi ilmu..

Reply
avatar