cara menyolder yang baik dan benar

siapkan sebuah solder yang bagus. ciri-ciri solder yang bagus harganya mahal, tapi sebagai latihan pertama kita boleh memilih solder yang berharga tidak murahan dan tidak kemahalan alias yang tengah-tengah saja. solder seperti ini ada dikisaran harga Rp50 ribuan, pilih solder dengan daya 30 watt. ada juga solder temperature. yaitu solder yang dapat kita atur panasnya sesuai kebutuhan. ini tentu akan menghasilkan penyolderan yang baik.


solder yang masih baru pada pertama kalinya akan mengeluarkan asap pada bagian selongsong elemennya, jangan panik. ini wajar karena sedang menyesuaikan diri dengan bahan-bahan yang masih baru. setelah itu asap akan hilang dengan sendirinya. dan solder siap digunakan.

pilihlah timah yang standar minimal. jika di tawari timah dengan harga sangat murah sebaiknya dihindari. jangan pula membeli timah di bengkel sepeda motor. timahnya tidak cocok untuk elektronika. sebagai acuan bisa menggunakan timah merek paragon, pancing, atau welsmart. timah merek paragon 10 meter dengan harga Rp15 ribuan sudah cukup untuk latihan awal.

pada percobaan pertam kita kali ini kita akan menyolder sebuah kabel kecil ke PCB. supaya hasilnya bagus dan indah untuk dilihat ikuti langkah-langkah cara menyolder yang baik dan benar berikut ini

  1. panaskan solder. sambil menunggu panasnya sempurna lanjutkan pada langkah kedua
  2. kupas ujung kabel kurang lebih 2mm menggunakan tang khusus pengupas kabel
  3. lapisi ujung kabel yang telah dikupas menggunakan timah tipis saja. ini bertujuan untuk kecepatan menempelnya kabel ke PCB. jika tidak dilapisi terlebih dahulu maka nempel ke PCB akan lama dengan hasil yang buruk. dan kabel akan mudah lepas kembali.
  4. lapisi jalur di PCB yang akan disambungkan dengan kabel menggunakan timah. sama seperti di atas, ini bertujuan untuk kecepatan menempelnya PCB ke kabel. jika tidak dilapisi terlebih dahulu maka nempel ke PCB akan lama dengan hasil yang buruk. dan kabel akan mudah lepas kembali.
  5. solderkan kabel ke PCB. letakkan ujung kabel tepat diatas jalur PCB yang mau disambung kabel. tekan dengan tenaga ringan ujung kabel dari atas menggunakan ujung solder selama 2 detik, dengan waktu 2 detik harusnya kabel sudah tersolder dengan sempurna.
dalam kurun waktu tertentu dan seringnya solder kita pakai, maka solder akan mengalami kotor pada ujung solder, bahkan penurunan kinerja karena ujung solder akan terkikis perlahan-lahan. untuk itu ada beberapa tips sederhana untuk merarat solder.

Tips sederhana  merawat solder   :
  1. jika ujung solder kotor harus dibersihkan menggunakan gunakan kertas HVS, atau kertas apa saja asal tipis. cobloskan ujung solder ke kertas dengan cepat lalu tarik kembali keluar dengan cepat pula. 
  2. di larang menggunakan ujung solder untuk melubangi plastik. ini akan memperburuk ujung solder. jika sudah demikian bisa diatasi dengan cara diatas.
  3. jika ujung solder sudah mengalami pengeroposan segera ganti ujung atau mata solder dengan kualitas yang bagus.
demikian berbagi pengalaman saya mengenai cara menyolder yang baik dan benar. simak juga cara menyolder komponen elektronik yang baik dan benar. ada juga bagaimana cara menyolder IC SMD, dan komponen-komponen SMD lainnya.

Artikel Terkait

cara menyolder yang baik dan benar
4/ 5

2 komentar

22 September 2021 pukul 08.31 delete

Kirain konslet karena mengeluarkan asap , ternyata kalau solder baru gitu ya , makasi infonya

Reply
avatar