merakit sendiri speker aktif sesuai isi dompet kamu

kenapa juga harus susah-susah merakit sendiri speaker aktif. beli jadi juga murah kok. yah bener beli jadi memang murah. disini bukan masalah murahnya. masalahnya adalah kepuasan yang didapat. dan sya yakin seyaki-yakinnya bahwa speaker aktif yang murah pastilah juga murahan bahan yang dipakai. mudah rusak dalam jangka waktu yang pendek. nah lo...

bicara murah memang saat ini semua produk elektronik murah. tapi itu benar-benar bermutu rendah. bahkan ada sebagian yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. tak ada salahnya kita mencoba belajar sendiri merakit speaker aktif dari nol.

merakit sendiri speker aktif

speaker aktif yang akan kita buat kali ini adalah speaker aktif untuk skala ruang tamu dan ruang keluarga . jadi di optimalkan untuk dipasang diruang tamu atau ruang keluarga. bukan di dalam kamar apalagi diluar rumah. sebagai sumber suara bisa kita hubungkan dengan Televisi, DVD player, MP3 Player, ataupun Smartphone juga boleh.

berikut bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat spekaer aktif sendiri dirumah anda

  1. Kit atau Modul Speaker Aktif Stereo. kit ini banyak dijual di toko elektronik terdekat di kota anda. harga dari kit speaker aktif ini bervariasi tergantung dari watt dan modelnya. silahkan pilih dengan watt di kisaran 150watt.
    kit stereo speker aktif dengan sub woofer
  2. Trafo CT 3 Ampere 32 volt. harga Trafo CT 3A ini berkisar 75 ribu untuk kwalitas biasa. kual;itas bagus bisa di atas 100 ribu. 
  3. colokan atau kabel AC.
  4. 2 buah Speaker 8 inchi jenis woofer. dengan speaker 8 inchi ini sudah bisa menggemparkan suasana ruang tamu atau ruang keluarga anda dengan hentakan nada rendahnya. harga speaker woofer 8 inchi mulai 100 ribuan keatas. silahkan pilih. semakin mahal semakin bagus. 
    spekaer untuk speaker aktif
  5. 2 buah Speaker 4 inchi jenis Midle. orang indonesia tidak senang dengan jenis speaker ini. suaranya kemlontong alias memekalan telinga. akan tetapi dengan pengaturan tone yang bagus akan menghasilkan nada-nada tengah yang akan memperjelas artikulasi suara vokal dan instrument musik semacam Gitar dan Piano.
    middle speaker
  6. 2 buah Speaker jenis Tweeter. ini sih wajib banget yah. tanpa tweeter bunyi musik sangat menyedihkan bahkan bisa bikin kita sakit. pilihlah tweeter dengan jenis magnet. jangan jenis piezoo. tweeter magnit dengan merek panasonic atau National sangat direkomendasikan. suaranya gemerincing lembut menggoda telinga.
    tweeter yang bagus untuk speaker aktif
  7. 2 buah Box Speaker ukuran 8 inchi. pilih box yang sudah diseretakan lubang-lubang untuk menempatkan panel dari Kit Stereo mplifiernya. 
  8. glasswol.  
  9. baut-baut. untuk membaut Speaker, Midle, dan tweeter
  10. Lem Bakar
  11. Kabel Twist

untuk peralatan yang diperlukan untuk membuat speaker aktif ini adalah
  1. Solder plus timahnya
  2. Multimeter
  3. Gergaji
  4. Tang potong
  5. Cutter jika diperlukan


Pengujian awal sebelum speaker aktif kita rakit didalam Box Speaker
sebelum kita rakit keseluruhan sistem sebaiknya kita uji atau test dulu komponen-kompone yang sudah kita siapkan tadi. apa saja yang perlu dan bisa dites adalah Trafo, Modul Amplifier, dan Speakernya.

pengujian trafo bisa menggunakan Multimeter dengan cara mengecek jalur lilitan promer maupun skunder. kemudian dilajutkan dengan menghubungkan trafo ini dengan tegangan 220V. cek apakah trafo cepat panas. jika ya ganti trafo.

pengecekan selanjutnya adalah modul stereo speaker aktif amplifiernya. cari model kit yang sudah terdapat rangkaian penyearah dari trafo. dengan ciri-ciri terdapat 2 elko besar dan sebuah atau 4 buah diode. pengujian kit ini dengan cara mengukut tegangan DC di output Speakernya. jika di output ada tegangan DC sesaat saat di nyalakan itu normal. jika DC tetap ada setelah dinyalakan artinya Bahaya. bisa merusak speaker.

menghubungkan trafo dengan kit speker aktif
cari jalur AC input di kit speaker aktif. cicirnya dekat elko besar. hubungkan 3 jalur tersebut sesuai di tegangan trafo

menghubungkan trafo ke kit speaker aktif


pengecekan speaker bisa menggunakan multimeter. ukur Impedansi apakah sesuai yang tertera di Magnet.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan Speaker Aktif sendiri, dirumah anda

setelah semua pengujian lulus. saatnya kita rangkai semua ke dalam box speaker.
  1. pasang terlebih dahulu kit stereo amplifiernya.
  2. pasang trafo.
  3. pasang speaker
  4. pasang jalur input atau RCA



berikut ini kendala-kendala atau masalah atau probem yang sering terjadi pada speaker aktif dan cara menanganinya

  1. mati total
  2. mati sparo
  3. lemah separo
  4. suara gemeretak
  5. komponen terbakar
  6. bunyi lirih
  7. dengung

jika anda mahir dalam bidang pembuatan speaker aktif ini kembangkan terus. buat model-model yang berbeda. watt yang beragam. mencari kit amplifier terbaik. bahkan memesan kit amplifier kepad ahli pembuat kit amplifier. jalin kerja sama dengan tukang kayu untuk pembutan Custom Box. 

untuk pemasaran produk speaker aktif atau produk apapun di jaman sekarang ini sudah tidak perlu kuatir. banyak sekali media yang bisa kita gumnakan untuk promosi dengan murah bahkan gratis. misalnya sosial media facebook. bisa juga membuat website atau blog khusus biar kelihatan berkelas dan profesional.

Artikel Terkait

merakit sendiri speker aktif sesuai isi dompet kamu
4/ 5