prospek kerja kuliah jurusan elektronika dan instrumentasi

jaman semakin canggih dan serba elektronik dan otomatis. proses dibalik ini semua tak lain karena teknologi elektronika yang saat ini sudah sangat maju dalam berbagai bidang. penemuan, renovasi dan inovasi komponen elektronika begitu mengangumkan, di dukung dengan SDM yang semakin hari semakin smart.

untuk mewujudkan itu semua di bukalah jurusan elektronika dan instrumentasi dibawah fakultas MIPA. elektronika dan instrumentasi adalah cabang ilmu yang menggabungkan dunia elektronika dan instrumentasi. instrumentasi-instrumentasi yang dimaksud adalah alat-alat industri maupun terapan di masyarakat yang berbasis elektronik.

prospek kerja jurusan elektronika dan instrumentasi begitu luas dan sangat dibutuhkan seiring pertambahan populasi penduduk yang otomatis mendorong bertambahnya instrumentasi yang diperlukan. perusahaan-perusahan juga otomatis harus menyediakan atau memproduksi alat lebih banyak.

simak juga: Dosen Elektronika dan Instrumentasi UGM

berikut prospek kerja bidang elektronika dan instrumentasi

  1. perusahaan minyak dan energi. kamu bisa bekerja di pertamina, shell, ataupun total setelah lulus nantinya. di sini elektronika instrumentasi digunakan untuk mengukur atau mengendalikan sistem elektronik.
  2. perusahaan telekomunikasi. kamu bisa bekerja di telkom, indosat, xl, tvri, rri ataupun perusahan telekomunikasi lainnya.
  3. perusahaan elektronik manufactur. banyak sekali perusahaan pembuatan komponen ataupun perakitan elektronik. bahkan di indonesia sendiri ada Polytron, Panasonic Gobel, dan saat ini beberpa perusahaan perakitan Ponsel mulai berinvestasi di indonesia.
  4. perusahaan listrik negara. sudah tidak asing lagi banyak lulusan jurusan elektronika dan instrumentasi banyak mengincar perusahaan ini. apalagi kalu bukan mengurusi kelistrikan di indonesia.
  5. lembaga atau badan penelitian. kamu bisa bekerja di LIPI atau yang lainnya yang sejenis.
  6. tenaga pengajar. bisa menjadi guru, instruktur, atau dosen elektronika dan instrumentasi. 
  7. berwiraswasta sendiri. bisa dengan cara membuka jasa reparasi elektronika, jasa pembuatan sistem elektronik berbasis Mikrokontroler, dan penyedia komponen elektronik. di indonesia jumlah terbanyak adalah jasa service elektronik.
prospek kerja kuliah  jurusan elektronika dan instrumentasi

untuk memasuki jurusan elektronika dan instrumentasi tentunya harus siap dengan berbagai materi yang bagi orang awam tentu sangatlah sulit. orang awam dalam elektronika tahunya cuma radio dan televisi. sehingga kalau anak mereka kuliah dijurusan ini taunya belajar servis tv dan radio. padahal elektronika penerapannya begitu luas dalam bidang apapun tidak luput dari perangkat elektronik.

kuliah  jurusan elektronika dan instrumentasi bisa juga bekerja diluar negeri sebagai tenaga kerja indonesia atau TKI. sudah banyak putra-putri indonesia yang bekerja dalam bidang elektronika di luar negeri. di luar negeri akan lebih mempunyai pengalaman yang menarik tentunya, selain gaji yang tinggi.

beberapa anak indonesia yang bekerja diluar negeri dalam bidang elektronika
  1. Saludin muis. adalah putra indonesia ahli dalam bidang layar sentuh atau touchscreen.
  2. Ricky elson. adalah putra indonesia ahli dalam bidang kendaraan listrik.
  3. Khoirul anwar. adalah putra indonesia ahli dalam bidang komunikasi.

hebat kan beliau-beliau ini. kalau di indonesia belum tentu mereka akan tersalurkan di bidang ini. harusnya mereka pulang membangun indonesia dengan dukungan penuh dari pemerintah.

Artikel Terkait

prospek kerja kuliah jurusan elektronika dan instrumentasi
4/ 5