Rangkaian Interkom antar ruang full duplex

dengan interkom full duplex maka tidak diperlukan lagi tombol PTT. jadi seperti bicara langsung berhadap-hadapan. interkm ini cocok untuk menghubungkan 2 ruang yang berjauhan dan membutuhkan komunikasi yang aktif. tanpa memegang alat langsung kita bisa berbicara dengan rekan kerja atau untuk rumah pribadi juga boleh.

rangkaian Interkom full duplex menggunakan komponen yang sangat mudah dicari dan populer di toko elektronik sekitar kita. rangkaian menggunakan IC LM386 sebagai power Amplifiernya. sedang unutk pre amp menggunakan transistor 3904. komponen penting lain adalah speaker dan mic condenser.

Rangkaian Interkom antar ruang full duplex

untuk power supply bisa menggunakan charger hp pada umumnya dengan tegangan 5V. interkom full duplek ini menyerap arus tidak sampai 100mA saat speaker berbunyi. dengan kata lain interkom ini bisa di onkan sepanjang waktu tanpakawatir menyita biaya listrik.

sebelum di bikin ke PCB uji dulu rangkaian interkom full duplex menggunakan PCB lubang IC. jika hasil sudah bagus bisa di desain PCB untuk tujuan produksi. dai hasil uji coba interkom full duplek ini sudah sangat memuaskan. suara bisa keluar dan saling bicara satu sama lain tanpa harus pencet PTT.

Rangkaian uji coba interkom

PCB Interkom Full Duplex didesain menggunakan Proteus. dengan desain yang kecil ini di harapkan bisa masuk ke kotak universal dengan leluasa.  

skema interkom
layout PCB Interkom full duplex

Rangkaian Interkom full duplex
 PCB Interkom full duplex

pengaturan terpenting adalah volume, setel volume sampai tepat dibawah titik feed back. untuk kotak atau casing bisa memakai box plastik universal.

silahkan mencoba sendiri Rangkaian Interkom antar ruang full duplex di atas. 

Artikel Terkait

Rangkaian Interkom antar ruang full duplex
4/ 5

3 komentar

3 Juni 2017 pukul 16.15 delete

condensator pake berapa volt ya ?

Reply
avatar
sjt
11 November 2020 pukul 16.12 delete

untuk mengubungkan antara ruang 1 ke ruang 2 pake apa? pakai kabel?

Reply
avatar