modul RF remote control siap pakai

jika sebuah piranti elektronik kamu membutuhkan sebuah remote kontrol tanpa perlu kita ribet-ribet membuat remote kontrol menggunakan mikrokontroler dengan kodingnya yang rumit maka modul RF remote kontrol ini cocok untuk ditambahkan ke perangkat elektronik yang kamu miliki.

RF remote kontrol tidak menggunakan sinar infra merah sebagai media sinyalnya. akan tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik. sehingga kita tidak perlu mengarahkannya ke alat yang akan kita kontrol. walaupun ada halangan akan tetap bisa mengendalikannya.

remote kontrol ini mempunyai 4 output. jadi hanya dapat mengendalikan 4 buah input kontrol saja. ada juga yang mempunyai output lebih dari 4.

modul RF remote control siap pakai

dalam aplikasinya RF Remotte Control ini banyak dipakai pada Mobil RC mainan anak-anak. yaitu untuk gerak maju, mundur, belok kanan dan kiri. anda bisa juga memanfaatkan remote ini untuk mengendalikan penyalaan sepeda motor dari jarak jauh. mengendalikan nyala lampu dari jarak jauh, dan lain-lain.

modul RF remote control siap pakai

untuk sekedar menguji modul RF Remote Control ini bekerja atau tidak cukup dengan menghubungkan outpunya ke sebuah Led dengan terlebih dahulu membatasi arusnya menggunakan resistor. tekan tombol A, B,C, atau D. dan lihat Led yang terhubung harusnya menyala.

pada contoh kali ini kita akan mencoba menggunakan RF Remote Control ini untuk mengendalikan jam digital untuk mengatur jam dan menit.

lalu komponen apa yang harus kita tambahkan untuk mengendalikan jam digital? kita memerlukan 2 buah transistor dan resistor. transistor kita fungsikan sebagai saklar elektronik.

modul RF remote control siap pakai

jika mau digunakan untuk mengendalikan lampu dirumah harus kita tambahkan IC TTL/CMOS, Transisor, dan Relay. selamat bereksperimen............



Artikel Terkait

modul RF remote control siap pakai
4/ 5

2 komentar

30 Juni 2018 pukul 17.26 delete

boleh minta koding dasar untuk remote rf

Reply
avatar