membedah alat penghemat listrik

datang seorang wanita menawarkan sebuah alat penghemat listrik, katanya sudah ijin sama pak lurah, hubungannya apa yah? tanya dalam hatiku. katanya hanya warga tertentu yang dapet alat penghemat listrik. kebetulan bapak saya ketua RT. kirain gratis gituh...eh ternyata bayar 300 ribu. itupun harga khusus sudah terdiskon.

sebenarnya saya ingin menanyakan lebih jauh produk alat penghemat listrik ini, apakah bener2 bisa menghemat listrik. tapi si embaknya nerocos terus seakan akan ini produk mahadewa banget. jelek jelek gini saya juga sedikit2 paham kelistrikan, walaupun basic saya arus lemah (elektronika). saya benar2 ga dikasih kesempatan bertanya lebih dan lebih. kayaknya ini emang jurus marketing si embak.

ortu saya tanpa pikir panjang langsung nyodorin 300 ribu untuk membayar alat penghemat listrik ini . bener-bener seperti kepelet, waktu terasa begitu cepat tanpa sadar. ya udahlah iklasin saja, semoga alat ini memang bisa diandalkan.

setelah sekian lamanya dipakai akhirnya alat penghemat listrik ini di lepas sama kakak saya. katanya gak bisa menghemat, bahkan malah membebani. akhirnya aku punya ide untuk membedahnya. seperti apa isi didalamnya

langsung saja ya berikut laporan pembedahan alat penghemat listrik.

membedah alat penghemat listrik

dari kardus bungkusnya terlihat profesional. bahkan terdapat garansi 5 tahun. terdapat hak paten, nomer seertifikat uji BPT yang perlu dipertanyakan kebenarannya.

membedah alat penghemat listrik

hadir dengan merek dagang TRIPUS. dengan desain Box yang cukup menarik. terdapat sebuah sekering dan indikator LED. 

membedah alat penghemat listrik

dibagian belakang terdapat stiker peringatan. ada juga segel garansi. gak terlalu pusing dengan masalah garansi aku buka saja produk penghemat listrik ini.

membedah alat penghemat listrik

oohh......ini ternyata isinya. sangat dan sangat sederhana untuk kita yang suka utak atik elektronika. isinya sebuah kapasitor non polar 10uF/450Vac. ada juga resistor untuk sebagai pembatas arus penyalaan Led saja. dan sekering yang nempel di box.

membedah alat penghemat listrik

sangat mudah untuk membuat alat penghemat listrik ini. tapi apakah sesederhana itu bisa untuk menghemat listrik. akhirnya aku tanyakan sama ahlinya listrik. beliau bekerja sebagai instruktur kelistrikan di Balai Latihan Kerja Yogyakarta. dari jawaban beliau alat semacam ini untuk memperbaiki faktor daya. jawabannya memang kurang eksplisit. faktor daya yang bagaimana saya tanyakan lagi. katanya untuk beban-beban induktif seperti kulkas, bor, dan mesin cuci.

rangkaian alat penghemat listrik

bagi yang ingin mencoba bisa melihat skema alat penghemat listrik diatas. banyak juga rekan-rekan praktisi elektronik yang menganggap alat ini tidak bisa menghemat listrik. kalaupun iya hanya beberapa persen saja. saya sendiri sejauh ini belum meneliti lebih jauh.

ada yang aneh dengan alat penghemat listrik ini. saat listrik PLN padam jam digital mini buatan saya tetep menyala, tapi redup. saya sempat terhera-heran kok bisa. PLN padam tapi jam Digital tetap nyala walaupun  redup. dari mana sumber listriknya. eh..ternyata dari alat penghemat listrik ini. aku lepas alatnya jam pun mati.

Artikel Terkait

membedah alat penghemat listrik
4/ 5