Membuat seven segment 7 inchi sendiri

Ukuran seven segment 7 inchi  kemungkinan besar susah di dapatkan. Kalaupun ada harganya bisa sangat mahal. untuk itu kita  bisa membuat sendiri menggunakan lampu led.

Membuat seven segment 7 inchi sendiri

Dari segi ekonomi akan jauh lebih hemat. Saat ini harga Sebuah lampu led termurah Rp100. Dibutuhkan 157 led untuk sebuah seven  segment ukuran 7 inch. Led led di susun secara pararel dengan masing masing pembatas arus berupa resistor.

Membuat seven segment 7 inchi sendiri

Kenapa led di susun pararel?
Jika disusun seri akan membawa masalah jika ada satu led yang redup atau mati. Maka led yang lain akan ikut redup atau mati.

Keuntungan lain menggunakan rangkaian pararel adalah bisa menggunakan tegangan yang kecil saja. Sehingga cukup kita pakai tegangan yang sama dengan kontrolernya yaitu 5V.

Selain itu untuk kemudahan interfacing dengan kontrolernya di tambahkan shift register 74HC595 di bawah display lednya. Sehingga cukup menggunakan 5 kabel untuk mengendalikanya.

kebutuhan arus maksimal saat semua seven segment 7 inchi dari led ini menayala tinggal megalikan 0.010 x 57 led =  1.5 Amper. jika untuk 4 buah untuk menyusun jam digital maka arus maksimalnya 6A. itu kalau semua led menyala.

Artikel Terkait

Membuat seven segment 7 inchi sendiri
4/ 5

2 komentar