Cara mengatasi TV Sharp hidup sesaat terus mati

Cara mengatasi TV Sharp yang hidup sesaat terus mati sendiri sangatlah mudah. Kondisi seperti ini dikatakan sebagai Protek, proteksi diperlukan supaya kerusakan tidak bertambah parah. Akan tetapi pada kondisi tertentu proyek akan membawa masalah tersendiri.

Kebetulan datang TV Sharp 21 Inch dengan kerusakan Nyala sesaat terus mati. Pada saat menyala sesaat itu gambar menyempit ke tengah, setelah itu mati. Yang kita jadikan patokan kerusakan adalah gambar yang menyempit itu. Gambar menyempit ke tengah sudah dipastikan rangkaian vertikal bermasalah.
Service tv sharp mati protek
SHARP 51WF200 MATI PROTEK
Tanpa pikir panjang langsung cek bagian IC Vertikal, terutama solderan dibawahnya. Dan benar saja, solderan TV Sharp sudah retak2. Ambil atraktor panasi solder, sedot solderan lama, resolder kembali. Jangan sampai solderan satu dengan yang lain tersambung.

Service tv sharp protek
Solder ulang bagian vertikal
Langkah berikutnya untuk mengatasi TV Sharp Protek ini adalah dengan mencoba nyalakan. Amati gambar. Dan ternyata berhasil dengan baik. Tv Sharp sudah sembuh seperti sedia kala.

Tidak semua TV memakai sistem Protek. Sistem protek banyak diterapkan pada TV Sharp, Panasonic, Solution, TCL, dll.
Service TV Sharp Protek
TV Sharp Normal kembali dalam 15 menit
Bagaimana sistem kerja Protek pada TV?
protek mendeteksi perubahan tegangan. Tugas ini di kerjakan oleh A/D Converter yang tertanam dalam sistem komputer atau mikrokontroler pada IC SoC. Jika ada perbedaan tegangan yang oleh dikarenakan kerusakan sistem Vertikal ataupun yang lain pada TV. Maka Processor pada Micom akan shutdown.

Kita bisa menonaktifkan protek pada TV ini dengan cara memutus pin proyek pada IC SoC.

Demikian sahabat elektronika di seluruh nusantara bagaimana Cara mengatasi TV Sharp hidup sesaat terus mati. Semoga bermanfaat bagi yang mulai belajar elektronika, terutama yang mau terjun dalam bisnis reparasi elektronik.


Artikel Terkait

Cara mengatasi TV Sharp hidup sesaat terus mati
4/ 5