mengganti baterai Li-ion pada Radio jadul

memasang baterai casan pada radio tua
Radio Panasonic jadul
sebel saja harus gonta ganti baterai ABC pada Radio tua yang selalu menemani bapak saya beraktifitas setiap harinya. udah baterai ABC mahal dan bikin limbah bertambah. akhirnya kuputuskan untuk mengganti dengan baterai yang bisa di cas. kebetulan ada ponsel rusak tetapi baterai Li-ionnya masih bagus.

apakah tegangan baterai ponsel cocok dengan radionya?

Radio tua kesayangan bapak ini memakai 2 baterai ABC, jadi tegangan sama dengan 3V. sedang tegangan baterai Li-ion ponselnya 3.7V. saya rasa kelebihan 0.7V masih aman aman saja. he...

baterai ponsel ini sudah tidak digunakan selama 5 tahun. teganagan masih terukur 3.9V. artinya baterai ini masih bagus. tanpa saya cas terlebih dahulu langsung baterai saya hubungkan ke Radio dengan cara di solder. dan Radio berbunyi dengan lantangnya. rasanya senang hati ini bisa memodifikasi radio tua punya bapak saya untuk menemani aktifitasnya sehari-hari.
memasang baterai li-ion untuk radio tua
cara memasang baterai li-ion radio tua
untuk sementara baterai ini aku pasang tanpa rangkaian cas. sekedar menguji sampai berapa tahan baterai ponsel ini memasok tenaga ke radio. radio di hidupkan selama aktifitas dan istirahat bapak. setelah 4 harian baterai baru habis dengan ditandainya suara yang mbrebet mbrebet. cukup lumayanlah 4 hari, kan tinggal dicas lagi. uang jadi hemat. he..he..

okelah kalau begitu..kesimpulannya baterai ponsel bisa menggantikan baterai ABC jadul pada radio tua. bahkan didapat suara yang lebih kuenceng. mungkin karena voltase yang lebih besar.

saatnya sekarang memasang modul casan supaya baterai bisa di cas ulang tanpa perlu beli baterai lagi seperti dulu. modul cas yang akan saya pakai adalah modul jadi buatan pabrik. harga modul ini gak sampai 10 ribu. ada Led indikator penuh, jadi cukup menarik untuk kita terapkan.

Artikel Terkait

mengganti baterai Li-ion pada Radio jadul
4/ 5

1 komentar:

3 November 2019 pukul 16.56 delete

Apa Gak Cepat Panas Radionya?

Reply
avatar