Menyalakan lampu led DC 12V 75W

tak sengaja pas belanja komponen elektronik aku melihat lampu led dipajang. Aku lihat di bodi led tertulis  DC 12V 75W. Sekalian aku beli saja lampu led DC12V 75W ini. Harapanku bisa untuk lampu emergency saat listrik padam. Harga lampu led DC 12V 75W ini 60 ribuan.

Dengan daya 75W pada 12V artinya lampu Led DC ini akan menyerap arus sekitar 6 amperan lebih. Dan saya sudah membayangkan betapa terangnya lampu ini. Akhirnya saya suruh mbak2 penjaga toko untuk mencobanya. Dan ternyata bener bener terang benderang.
Lampu DC 12V 75W untuk emergency
Perbandingan Led DC12V 10W dan 75W 

Sampainya di rumah langsung saya coba nyalakan sambil saya ukur konsumsi arusnya. Betapa kagetnya saya, lampu led DC 12V 75W  kok arus serapnya 1 amperan saja. bahkan konsumsi arusnya kok sama dengan Led HPL 10W milik saya. saya hanya bisa berpikir apakah 75W ini terangnya cahaya. Atau mungkin alat ukur saya yang bodoh. Akhirnya saya tanyakan di forum facebook yang khusus membahas dunia listrik. Ada yang bilang itu efisiensinya. Ada juga yang nyuruh mengukur kuat cahaya. Banyak yang tidak percaya juga.

Untuk sementara ini saya gak mau ambil pusing dulu. Yang penting nyala Ya oke banget dan konsumsi arus yang kecil dibanding dayanya. saya masih mengincar lampu DC12V yang dayanya lebih tinggi lagi, 100W. Lampu led ini sepertinya dari pabrikan yang sama.

Tunggu laporan berikutnya dengan lampu DC 12V dengan daya 100W.




Artikel Terkait

Menyalakan lampu led DC 12V 75W
4/ 5

2 komentar

15 Desember 2019 pukul 14.51 delete

gan, mungkin gak itu china nulis wattnya diawur?
watt sesungguhnya bisa didapat dengan menggunakan amperemeter

Reply
avatar