Membuat digital sound effect sendiri

kali ini saya mau berbagi cara Membuat digital sound effect sendiri kepada pecinta hoby elektronika, terutama yang hoby dengan sound sistem. sudah tidak diragukan lagi tentunya kehadiran sound fx sangat diperlukan untuk memanipulasi suara pada kondisi-kondisi tertentu. efect yang akan kita buat kali ini berupa efect digital baik untuk vokal maupun berbagai alat musik, termasuk gitar.

Membuat digital sound effect sendiri

komponen untuk membuat digital sound effect ini menggunakan komponen dari produk effect terkenal Alesis. jadi mutu suara sudah pasti sekelas Alesis. dengan kita membuat sendiri tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri, selain harga yang lebih murah. akan sangat pas lagi jika effect ini pada nantinya kita includkan ke Mixer bikinan sendiri.

baiklah tanpa banyak basa basi langsung saja kita menuju ke tkp untuk  Membuat digital sound effect sendiri. untuk lebih memudahkan pembahasan maka akan saya bagi menjadi 4 bagian rangkaian effect ini. ketiga bagian tersebut adalah
  1. kontroler digital effect
  2. Analog to Digital Converter
  3. DSP FX Processor
  4. Digital to Analog Converter
Rangkaian kontroler digital effect untuk Membuat digital sound effect sendiri
rangkaian ini berfungsi sebagai main control sistem. berupa microcomputer yang dilengkapi dengan keypad dan layar LCD ukuran 16x2. layar LCD akan menampilkan informasi effect yang sedang aktif. tombol keypad berfungsi untuk memilih mode-mode effect seperti Delay, Chorus, Echo, Hall, Plate, dll


Rangkaian Analog to Digital Converter untuk Membuat digital sound effect sendiri
rangkaian ini berfungsi untuk mengubah sinyal analog dari Pre amp menjadi sinyal digital. komponen utama berupa IC AL1101 dari perusahaan Wavefront. komponen pendukung lain berupa IC op amp dengan tipe NE5532 sebagai rangkaian pengkondisi sinyal masukan, dimana sinyal input yang dibutuhkan berupa sinyal balance.

Membuat digital sound effect sendiri

Rangkaian DSP FX Processor untuk Membuat digital sound effect sendiri
rangkaian ini adalah rangkaian pengolah suara utama. rangkaian ini membutuhkan input digital yang berasal dari rangkaian Analog to Digital Converter. data data digital ini kemudian dimanipulasi sedemikian rupa menggunakan software, kemudian data hasil pengolahan dikirim kerangkaian berikutnya. komponen utama berupa IC AL3201 dari perusahaan wavefront.

Membuat digital sound effect sendiri

Rangkaian Digital to Analog Converter untuk Membuat digital sound effect sendiri
rangkaian ini berfungsi mengubah sinyal digital dari DSP FX Processor menjadi sinyal analog kembali. menggunakan komponen utama berupa IC AL1201 dari perusahaan Wavefront. 


setelah semua skema digabung akan terlihat seperti dibawah ini
 bersambung....................................

Artikel Terkait

Membuat digital sound effect sendiri
4/ 5

2 komentar

16 Desember 2021 pukul 17.51 delete

Bang boleh minta layoutnya gak..
Kalau boleh kirim ke
miftachjauhary@gmail.com

Reply
avatar
30 Juli 2023 pukul 08.40 delete

Bang boleh minta skema lengkap nya

Reply
avatar