cara memasang komputer di rumah

Cara memasang komputer di rumah sangatlah mudah dan singkat. anda tidak perlu takut kesetrum karena memang tidak akan nyetrum. setelah semua perangkat komputer tersedia kita bisa langsung mempraktekkannya.
cara memasang komputer di rumah

untuk lebih memudahkan perhatikan potongan gambar bagian belakang CPU. pada gambar ini sudah di tandai bagian-bagian yang sering digunakan.

port belakang cpu komputer


Berikut langkah langkah cara memasang komputer di rumah

  1. Hubungkan LCD monitor ke CPU menggunakan kabel VGA. mana yang ke monitor dan yang ke CPU sama saja, boleh di bolak-balik. saat dicolokkan ke Port VGA di CPU dan monitor perhatihan polanya. samakan, jika tidak sama tidak bisa masuk.  
    kabel vga komputer
  2. Hubungkan Keyboard ke CPU. ada 2 jenis kabel keyboard, PS2 (warna ungu)dan USB. untuk PS2 perhatikan gambar di bawah. jangan asal colok. perhatikan tanda ditengah colokkan. untuk USB seperti anda mencolokkan Flashdisk.
    kabel PS2 keyboard dan mouse
  3. Hubungkan Mouse ke CPU. ada 2 jenis kabel Mouse, PS2 (warna hijau) dan USB. untuk cara memasang yang PS2 sama seperti olokan keyboard diatas. 
  4. Pasang kabel Power Monitor dan CPU
    kabel power cpu dan monitor
  5. Colokkan kabel Power CPU; Monitor, dan Spekaer aktif ke kabel perpanjangan Stop Kontak. sebelumnya siapkan dulu kabel perpanjangan stop kontak seperti gambar di bawah. pilih dengan jumlah 6 stop kontak. sisanya nanti bisa buat printer atau harger hp. setelah itu olokan kabel perpanjangan stop kontak ke stop kontak utama yang terpasang di rumah. perhatikan lampu pada stop kontak perpanjangan bila belum nyala bisa di tekan sampai lampu indikator menyala.
  6. Nyalakan Komputer. perhatikan apakan lampu indikator PU dan monitor sudah menyala. jika belum silahkan ganti kabel powernya.
mudah sekali bukan cara memasang komputer di rumah. jika mau lebih aman sebaiknya gunakan Stabiliser. fungsi stabiliser disini untuk menjaga tegangan jala-jala listrik yang masuk ke komputer selalu stabil. jika terjadi lonjakan ataupun drop tegangan komputer akan baik-baik saja. Stabiliser 500 watt sudah sangat menukupi untuk kita gunakan. kisaran harga stabiliser ini sekitar Rp200.000,-

cara memasang komputer di rumah diatas adalah sebatas memasang sampai komputer hidup dan kita gunakan. akan tetapi ada beberapa peralatan pendukung komputer mungkin juga akan kita pasang jika dibutuhkan. alat pendukung yang sering dipakai secara umum adalah printer. jika printernya baru berarti kita harus melakukan instal program terlebih dahulu. akan tetapi jika printer pernah di instal seseorang ya kita tinggal colokkan kabel Power dan kabel USB printernya saja. 

demikian langkah-langkah cara memasang komputer di rumah dengan sangat mudah. semoga epat hafal dan tidak takut akan bahaya setrum. karena bagi sebagian orang awam bisa mejadi momok tersendiri. yang penting kabel Power dipasang terakhir kali. selamat bekerja............

Artikel Terkait

cara memasang komputer di rumah
4/ 5

1 komentar: