cara mengatasi usb laptop tidak terbaca

usb laptop tidak terbaca adalah masalah yang sering dijumpai pada perangkat komputer maupun laptop. masalah ini tentu akan membuat kita sebagai pengguna menjadi sangat kesal dibuatnya. yang lebih sebel lagi ketika saat kita gunakan pertama kalinya normal normal saja. selang beberapa saat terjadi disconnect kemudian conect lagi, begitu seterusnya. jadi disini ada dua masalah mengenai usb. benar-benar usb tidak mau membaca dan kadang-kadang usb mau membaca dan kadang tidak.

cara mengatasi usb laptop tidak terbaca

berdasarkan pengalaman selama ini berikut penyebab terjadinya usb laptop tidak terbaca maupun usb komputer tidak terbaca adalah
  1. konektor usb rusak. konektor usb sangat sering kita gunakan untuk berbagai keperluan. jika material usb konektor jelek akan mudah rusak. usb konektor bawaan rata rata menggunakan material kelas menengah pada kebanyakan produk. pada produk tertentu menggunakan material yang bagus, bahkan istimewa.
  2. sistem operasi rusak. sistem operasi bukanlah sesuatu yang sempurna. ia bisa saja mengalami kerusakan mana kala terjadi sesuatu yang menyebabkan OS itu rusak. faktor penggunaan yang lama atau terkena virus akan menyebabkan usb laptop tidak terbaca. demikian pula usb komputer tidak terbaca pula.
  3. tegangan usb drop. tegangan usb adalah 5V. jika tegangan drop maka bisa dipastikan pembacaan usb tidak akan berjalan dengan baik bahkan gagal.
  4. perangkat usb anda yang rusak. mungkin yang rusak malah perangkat usb anda, misal flashdisk, hardisk eksternal, modem, printer, dll.
mengatasi masalah usb laptop tidak terbaca ataupun usb komputer tidak terbaca diatas kita harus dituntut untuk bisa menguasai elektronika dengan baik. minimal bisa mengukur tegangan dan komponen. ternasuk juga bisa membaca skema elektronik dengan baik. untuk yang baru mulai belajar reparasi laptop sebaiknya hati-hati dalam mengerjakan perbaikan laptop.

berikut cara mengatasi usb laptop tidak terbaca maupun usb komputer tidak terbaca
  1. Ganti usb konektor. disarankan menggunakan usb konektor kanibalan. jika kita menggunakan usb konektor baru dari toko elektronik akan sangat mudah rusak. ini karena material yang sangat buruk. terbukti juga dari harganya yang sangat murah
  2. Instal ulang windows. bagi yang sudah terbiasa instal ulang windows tentunya bukan suatu masalah yang sulit. akan tetapi jika anda masih baru dalam hal instalasi software komputer bisa baca pada cara mudah instal ulang windows 7.
  3. Periksa Regulator USB. bagian ini membutuhkan skil yang lebih tinggi. harus mampu baca skema, dan ukur tegangan.
  4. coba di cek dengan peralatan usb lainnya.
mudah bukan mengatasi usb laptop tidak terbaca dan juga usb komputer tidak terbaca. kesimpulannya adalah usb konektor dari toko elektronik, meskipun baru tidak disarankan digunakan.  sebaiknya guanakan usb konektor bekas motherboard.

Artikel Terkait

cara mengatasi usb laptop tidak terbaca
4/ 5