cara mengatasi laptop mati total

definisi laptop mati total sebenarnya adalah laptop benar-benar mati, tidak ada tampilan gambar sama sekali. tidak ada reaksi apapun ketika tombol power ditekan.bahkan lampu indikatorpun tidak menyala. laptop dengan kondisi mati total seperti ini permasalahan utama adalah pada masalah catu daya. catu daya laptop berasal dari baterai maupun Adaptor yang sekaligus berfungsi sebagai charger Baterai. adaptor dan baterai menopang semua kinerja dalam sistem laptop. jadi bisa dibayangkan betapa besar penderitaan yang di bebankan kepada Baterai dan adaptor ini. detik demi detik hingga jam demi jam, bahkan bulan dan tahun mereka dengan setia memberikan tenaganya. maka sudah wajar jika mereka akan mengalami drop

cara mengatasi laptop mati total

lalu langkah pertama apa yang harus diambil ketika kita mendapati laptop mati total?
3 cara mengatasi laptop mati total
  1. lepas dan pasang kembali baterai laptop anda, kemudian nyalakan. jika masih sama saja lanjut ke langka 2. ini bertujuan untuk mengetahui apakah kontak baterai ke laptop bagus apa tidak. jika perlu periksa konektor baterai maupun laptop apakah terjadi renggang ataukah korosi.
  2. charger laptop anda, jika indikator charger tidak menyala ganti charger atau adaptor lain . ini bertujuan untuk mengetahui apakah charger rusak atau tidak. charger lain bisa meminjam saudara atau teman yang mempunyai colokan dan tegangan charger yang sama. atau bawa ke toko komputer atau service center untuk mencoba. bilang sama pegawai toko untuk mencoba.
  3. jika kedua langkah diatas tidak membuahkan hasil kemungkinan rangkaian internal atau control regulator yang ada di motherboard rusak. solusi tecepat adalah mengganti motherboard. dan solusi termurah adalah mengganti part yang rusak, menggati part yang rusak tentu melibatkan ahli elektronika yang mumpuni untuk menyelesaikannya, dan tentu membutuhkan waktu yang lebih panjang. so pilih yang mana terserah anda.

langkah diatas adalah langkah sederhana atau pertolongan pertama pada laptop mati total.  kategori mati total yang lain adalah mati total dengan indikator charger atau power mau menyala. akan tetapi setelah tombol power ditekan tetap tidak mau menyala juga. bahkan tidak terdengar desingan kipas pendingin ataupun bunyi desingan DVD drive. kondisi seperti ini bisa disebakan karena antara lain
  1. Tombol power rusak. biasanya kotor atau berkarat. anda harus membongkar laptop untuk mengetahui bagian ini. periksa bagian contact tombol power. biasanya memakai microswitch kotak, ada juga yang memakai contac bulat. untuk contact bulat bisa dibersihkan atau diganti. termasuk tombol yang kotak kecil.
  2. RAM rusak atau hanya kotor dan kendor. anda bisa lepas itu RAM kemudian bersihkan bagian kaki-kaki RAM menggunakan penghapus atau stip. lalu pasang kembali. cara ini tidak perlu membongkar laptop. cukup buka penutup RAM dibagian bawah.
  3. Processor rusak. anda harus membongkar laptop dan menemukan dimanakah processor berada. lepas processor dan periksa apakah ada kaki atau pin yang rusak, biasanya berkarat. bersihkan dan pasang kembali
  4. Motherboard rusak. cara terbodoh dan kadang malah berhasil adalah dengan mencuci motherboard. cuci motherboard dengan air bersih plus deterjen. ratakan deterjen dengan kuas sampai merata kesemua sisi. setelah itu bilas sampai bersih dan jemur dibawah terik matahari selama sehari penuh. biarkan sehari lagi baru pasang kembali motherboard. 
  5. jika ilmu elektronika anda bagus bisa dengan menguji stiap komponen atau rangkaian pada motherboard. ini membutuhkan ketrampilan tingkat tinggi, kesabaran dan waktu.
  6. jika kelima cara mengatasi laptop mati total diatas masih gagal dan anda tidak mau berpikir bisa mendelegasikan langkah diatas kepada bengkel khusu motherboard komputer atau laptop.
  7. dan jika masih gagal, satu satunya cara adalah mengganti motherboard. atau ganti laptop anda
cara mengatasi laptop mati total itu susah atau gampang adalah tergantung pada kondisi laptop itu sendiri. jadi tidak bisa dikatakan mudah atau susah. semua harus dicoba dulu baru bisa menyimpulkan. bahkan seorang yang telah lama terjun ke dunia reparasi laptoppun akan mengalami hal-hal diatas. jadi ada urutan kerja atau istilahnya SOP yang harus di lakukan dalam mengatasi laptop mati total.

sementara itu ada anggapan dari masyarakat umum atau pengguna laptop yang berasumsi bahwa laptop mati total ketika layarnya padam, benar benar tidak menampilkan gambar alias gelap gulita. sementara ada aktifitas DVD yang ditandai dari desingan dan jika tombol open/close dibuka masih mau membuka dan menutup. masih mau mengeluarkan suara saat start/close windows. ya kita maklum saja ini dikatakan laptop  mati total. akan tetapi ini bukanlah laptop mati total. hanya saja lampu LCD laptop yang tidak menyala.

kasus laptop mati total sangat sering dijumpai. jika anda user atau pemakai tentu sebelum dibawa ke service center atau bengkel laptop sebaiknya dicoba dulu 3 cara pertama diatas. ini bertujuan tentunya untuk menghemat waktu dan biaya. bahkan menghindari penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyalah gunakan kepandaiannya untuk menipu konsumen.

demikian sedikit tips bagaimana mengatasi laptop mati total. baik anda sebagai user ataupun seseorang yang baru mau terjun ke bisnis perbaikan laptop. semoga kita tetap selalu berlaku jujur pada semua posisi. bahkan tidak sedikit ditemukan konsumen yang tidak jujur juga.

Artikel Terkait

cara mengatasi laptop mati total
4/ 5