MASA KECIL

Aku lahir disebuah Dusun Gatak,kelurahan Umbulmartani,kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimwea Yoyakarta. Masa kecil dihabiskan di Dusunku bersama teman-teman. Ada Wahid(kakak),Kolis(adik), Bowo, Bagus, Agung, Rosyd, Sukri, Agus, Elis, Lilik, dll. Kala itu Gadget belumlah ada. petak umpet adalah mainan Favorit kami. Ada juga permainan bentik . kami juga sering membuat Rumah2an yang lebih layak disebut gubug sekedar untuk bermain dengan teman, anak perempuan bagian masak memasak, walaupun yang dimasak hanyalah batu, pasir, dedaunan, ataupun bunga2an. Masakan yang betul-betul masakan adalah Gulali yang jauh dari sempurna.
Berbeda dengan anak2 kecil sekarang yang kemana mana menenteng Smartphone. Sedang masa kecilku dulu hanya menenteng Ketapel (jawa pelinteng). Dusunku terletak sebelah timur Kali Kuning, kurang lebih berjarak 200 meteran., dan kebetulan di apit oleh dua sungai yang entah namanya apa aku tidak tahu. Mencari ikan adalah kegiatan yang sering kami lakukan. Senang sekali daerah kami termasuk subut kala itu. Ikan di dua sungai yang mengapit dusun kami begitu banyak, belum lagi ikan yang di kali kuning. Bahkan malam haripun saya , ayah, kakak, & adik sering berburu ikan sampai larut malam. Begitu banyak ikan yang kami dapat bahkan dikasih ke tetangga dan saudara. Sekali berburu ikan bisa untuk stok lauk dua minggu. Ada bermacam ikan yang kami dapat antara lain Udang, Wader, Uceng, Cetol, dan Gabus.
Masa itu begitu indah dan menyenangkan dan rasanya ingin kembali ke masa-masa itu.
Kini nasib kedua sungai yang mengapit dusun kami sudah berbeda dengan yang dulu. Air mengalir jika abis hujan saja, apalagi ikan sudah tidak ada, kalaupun ada hanyalah ikan yang terlepas dari kolam warga. Sementara untuk kali kuning mengalami beberapa perubahan karena pembangunan waduk dan talut. Akan tetapi ikan masih bias dijumapai namun sudah tidak sebanyak dulu.
Saat ini ditengah modernisasi teknologi yang canggih aku masih menyempatkan main ke kali kuning sekedar mengenalkan alam kepada anak. Dan mengajari bagaimana menangkap ikan, menceritakan bagaimana sungai terbentuk, dari mana asal ikan, dan melihat penduduk sekitar mencari pasir .

Itulah sekelumit kisah masa kecilku yang tidak mungkin akan terulang lagi, dimana kealamian masih terjaga. Bagaimana masa kecil kalian.

Artikel Terkait

MASA KECIL
4/ 5