DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

berawal dari kejenuhan dan ingin adanya suatu inovasi kecil pada sebuah pengatur Tone Audio yang selama ini tersedia dalam bentuk Analog dengan sebuah Potensio yang nyata-nyata memang memberikan beberapa kelemahan yang disebabkan ausnya Potensio yang mengakibatkan timbulnya suara gemeretak yang sangat menganggu telinga, maka saya mencoba membuat sebuah Digital Audio Tone Control yang dari segi operasional lebih inovatif, dan dari segi mutu jauh lebih awet, dan tentu saja tampilan Digital Seven Segmen ataupun LCD yang menarik. dan hebatnya lagi cukup menggunakan sebuah Rotary dan sebuah Push Button untuk mengakses Volume, Bass, Treble, Balance. dan tambahan Loudness.
dalam eksperimen ini kami menggunakan IC TDA7314S yang kami ambil dari Board Tape Mobil, IC TDA7314S merupakan IC Tone Control yang dikendalikan secara digital menggunakan protokol I2C (SCL & SDA) yang merupkan penemuan perusahaan Philips dan telah dipakai oleh banyak perusahaan Chip lainya.
DIGITAL AUDIO TONE CONTROL DIGITAL AUDIO TONE CONTROL
begitu kami mendapati IC TDA7314S ini segera mencari datasheet untuk mengetahui struktur internal IC TDA7314S ini. terutama Register-register yang sangat dibutuhkan dalam proses Pemrogramannya. seperti biasa kami menggunakan BascomAVR untuk pemrogramannya.

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

seperti yang terlihat pada gambar diatas IC TDA7314S ini sudah Stereo, dengan empat output. nanti hanya digunakan 2 output saja yang Front atau yang Rear. perhatikan bagian yang dilingkari warn hijau. bagian ini adalah dimana jalur yang terhubung ke Kontroler utama. seperti biasa kami menggunakan Atmega8A untuk IC pengendalinya. untuk Display kita pilih Seven Segmen sebanyak 4. dengan jumlah ini cukup untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. misalnya saat mengatur Volume maka dislplay akan menampilkan Uo_6. Uo simbol untuk Volume, 6 adalah nilai dai Volume (0-63). bs_1 untuk bass, tr_1 untuk treble, bl-0 untuk balance, & LdOn/LdOf untuk Loudnes On/Off.

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL
simulasi tampilan Volume masih 0 (0-7)

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL
simulasi tampilan Bass masih 0 (0-7)

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL
simulasi tampilan treble masih 0 (0-7)

simulasi diatas menggunakan software Proteus, software yang selama ini selalu kami pakai untuk berbagai keperluan pengujian sistem Mikrokontroler.

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL
dari datasheet terlihat dengan jelas susunan internal IC TDA7314S. bisa dikatakan  penambahan komponen eksternal sedikit, hanya beberapa resistor dan kapasitor.

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

masuk ke bagian Software perhatikan gambar diatas, Addres Chip TDA7314S adalah 10001000, ini angka yang unik dan akan berbeda dengan Addres Chip IC I2C lain. sehingga hanya dengan 2 jalur kabel kita bisa memasang beberapa IC I2C, misalnya IC FM, IC Tone, IC Jam, dll.

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

dari gambar diatas dapat dilihat alokasi2 register untuk tiap fungsi. akan tetapi tidak semua fungsi akan kita pakai.
DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

pengaturan Volume menyediakan 2 step, step 1.25db dan step 10db

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

pengaturan Loudness

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL

pengaturan Bass dan treble seperti pada gambar diatas memerlukan 16 step. dari -14 sampai +14db








Artikel Terkait

DIGITAL AUDIO TONE CONTROL
4/ 5