MENGENAL TOMBOL KEYPAD ADC

bagi yang sudah familier dengan Mikrokontroler AVR tentunya sering memanfaatkan ADC untuk berbagai keperluan, misalnya pengukuran suhu dengan sensor LM35. kali ini kita akan menggunakan ADC untuk mendeteksi beberapa tombol hanya dengan satu jalur kabel. metode ini tentunya sangat menguntungkan karena akan menghemat penggunaan PORT Mikrokontroler dan mengurangi jumlah kabel yang berseliweran. sehingga rangkaian elektronik yang kita buat juga tampak lebih rapi. metodenya adalah dengan mendeteksi perbedaan tegangan. akan tetapi metode ini juga mempunyai kelemahan, dalam jangka waktu tertentu kontak didalam tombol akan mengalami kotor bahkan karat. jika hal ini terjadi maka tegangan yang terdeteksi akan mengalami masalah sehingga Program akan mengalami kekacauan. contoh yang paling nyata adalah Televisi. sering Televisi mengalami kerusakan dibagian Tombol. misalnya kita mau merubah Chanel ternyata Volume yang malah berubah, atau malah sebaliknya. bahkan dalam tingkat yang parah bisa mengakibatkan Televisinya medadak mati sendiri. untuk mengatasi masalah ini pilihlah Tombol Microswitch yang berkualitas bagus. tombol microswitch yang berkualitas bagus ciri-cirinya adalah kepala tombol berwarna coklat, kalau ditekan bunyinya halus, dan kebanyakan berkaki dua. tombol ini sangat baik digunakan pada Keypad dengan sistem ADC. microswitch yang kepala tombolnya hitam dan berkaki empat sebaiknya dihindari. dan parahnya banyak toko Elektronika yang stoknya yang model kepala tombol hitam berkaki empat.
baiklah kita kembali ke topik awal bagaimana kita akan membuat tombol dengan teknologi ADC. perhatikan sekema berikut ini.
TOMBOL KEYPAD ADC
gnabar diatas adalah skema lengkap tombol ADC. nilai R1-R5 tidaklah mengikat, anda bisa memilih nilai berapapun. dengan kata lain bebas. yang terpenting nanti adalah mengukur Nilai ADC masing-masing tombol jika tombol ditekan. ketika tombol dalam kondisi off semua maka tegangan hampir mendekati 5V, jika Mikrokontroler kita beri tegangan 5V. ketika tombol UP ditekan maka tegangan ADC akan menjadi 0 karena terhubung langsung ke Gnd. jika tombol kita tekan berurutan dari UP sampai SELECT dan kita ukur tegangan di pin ADC maka tegangan akan semakin membesar. ini dikarenakan R yang di jumlah-jumlahkan.
sekarang kita masuk ke bagian Pemrogramannya. hal pertama yang harus dilakukam adalah mengaktifkan ADC. kemudian menyediakan sebuah tempat di RAM untuk menampung nilai ADC. setelah itu buat sebuah Looping (do......loop). didalam looping kita deteksi terus menerus nilai ADC dengan instruksi tombol=getadc(0).
 perhatikan kode berikut

config adc=single, prescaler=auto, reference=avcc      'aktifkan ADC
dim tombol as word     'buat penampung data nilai ADC
do
   tombol=getadc(0)
   locate 1,1:lcd tombol       'untuk mengetahui nilai ADC, ditampilkan di LCD 16x2
   
   if tombol >=0 and tombol <10 then
            toggle portd.0         'aksi yang dilakukan jika tombol UP ditekan
   end if

      if tombol >=500 and tombol <550 then
            toggle portd.0         'aksi yang dilakukan jika tombol UP ditekan
   end if

    if tombol >=670 and tombol <690 then
            toggle portd.0         'aksi yang dilakukan jika tombol UP ditekan
   end if

    'dan seterusnya untuk tombol2 lain
loop
end


Artikel Terkait

MENGENAL TOMBOL KEYPAD ADC
4/ 5