BUILD SIGNAL GENERATOR with Si5351A

tidak dapat di pungkiri kehadiran sebuah tool yang sangat membantu ini begitu penting, yaitu sebuah Signal Generator. membeli Signal Generator yang sudah jadi atau siap pakai dan branded tentunya costnya tinggi. sebagai penghoby elektronika terutama elektronika komunikasi tentunya ingin memiliki Signal Generator, bahkan ingin membuat Signal Generator Sendiri dengan alasan harga dan kepuasan karena bisa merakit sendiri.
Signal Generator yang akan kita buat kali ini menggunakan Chip Si5351A. Si5351A yang kita gunakan yang mempunyai tiga output clock. Si5351A tidak dapat digunakan secara langsung, kita memerlukan sebuah pengendali kecil (Mikrokontroler) untuk mengoperasikannya. kita pilih saja Mikrokontroler yang sudah sangat familier dalam praktek sehari-hari, yaitu Atmega8A. untuk display kita gunakan LCD Nokia 3310 (48x84 pixel). LCD kebetulan memang melimpah di Workshop kami, jadi bisa di manfaatkan sepenuhnya untuk berbagai keperluan.
Si5351A mempunyai protokol pemrograman standar I2C yang di temukan oleh perusahaan Philips. I2C sangat terkenal dan banyak sekali di pakai oleh perusahaan-perusahaan lain untuk Chip-Chip mereka, salah satunya Silicon Labs yang banyak memproduksi Chip-chip berbasis I2C. tidak hanya Signal Generator saja yang di produksi Silicon Labs, ada Single Chip Radio FM, TV analog/Digital, Transceiver, Celluler, dll.
I2C hanya memerlukan dua jalur yaitu SCL (Serial CLock) dan SDA (Serial Data), sehingga dalam mode yang sangat minimalis bisa di kontrol memakai Mikrokontroler ATtiny yang hanya mempunyai 8 pin, misalnya ATtiny85.
SI5351A mempunyai range frekuensi 8KHz - 160MHz. Range yang bisa dikatakan sangat lebar. pada frekuensi tinggi keluaran Si5151A mempunyai bentuk sinus. untuk frekuensi rendah berbentuk Square. Si5351 berbasis PLL, berbeda sekali dengan AD9850/51 yang berbasis DDS, dan yang sangat menarik dibanding AD9850/51 adalah jumlah output yang lebih dati satu. bahkan ada yang sampai 8 output. untuk membangun sebuah LO dan BFO untuk perangkat komunikasi tentunya sangat menarik, seperti yang telah juga kami bahas pada artikel Bulid VFO/BFO for HF Transceiver. bahkan untuk menggantikan 1 unit Blok PLL Yaesu FT-80C Si5351A dapat melakukan tugasnya dengan baik.
Si5351A mempunyai Register yang banyak untuk mengatur kerjanya. sehingga dalam pemrogramannya cukup membingungkan dengan mengingat sekian banyak Register. untuk mengatasi hal ini kita bisa mencetak Datasheet di bagian Registernya kemudian kita tempel di dinding, sehingga sewaktu melakukan pemrograman kita bisa langsung melihat tanpa harus bolak balik ataupun Zoom in/Out si PC.
hal pertama kali yang harus dilakukan untuk memulai pemrograman Signal Generator Si5351 ini adalah melakukan inisialisasi chip, ini sangat penting untuk menentukan parameter-parameter yang di pakai, setelah inisialisasi selesai bisa dilanjutkan dengan Calculate yang menentukan berapa Frekuensi yang mau di keluarkan, setelah itu siapkan Register yang sesuai baru dikirimkan ke Si5351A melalui Serial Data (SCL dan SDA).

berikut hal-hal yang harus dilakukan saat inisialisasi
1. menentukan load Capasitor internal Si5351A
2. mengaktifkan output yang diinginkan
3. memilih Crystal sebagai Input
4. memilih PLL yang akan digunakan (PLLA atau PLLB)

berikut hal-hal yang harus dilakukan saat kalkulasi frekuensi
1. menentukan nilai R Devider
2. menentukan FVCO, misal 900MHz
3. perhitungan detail frekuesi yang akan dikeluarkan

kemudian
-. menyiapkan nomor Register yang sesuai
- mengirimkan dengan protokol standar I2C

BUILD SIGNAL GENERATOR  with Si5351A

BUILD SIGNAL GENERATOR  with Si5351A

BUILD SIGNAL GENERATOR  with Si5351A


BUILD SIGNAL GENERATOR  with Si5351A


silahkan coba fungsi diatas, masukan dalam basic coding BasomAVR. jangan lupa untuk mengatur Port Mikrokontroler sebagai Input atau Output, buat semua deklarasi variabel atau fungsi yang berhubungan dengan koding diatas sebelum Do.....Loop. untuk mengisi nilai frekuensi silahkan isi sembarang nilai dari 150Hz-160MHz di variable freq.

contoh:
freg=38400000 'ini akan membuat Signal Generator Si5351 mengeluarkan Clock sebesar 38,4 MHz

Signal Generator Si5351 ini akan sangat cocok bila digabungkan dengan Frequency Counter dalam satu Device. akan sangat membantu kita dalam proses pembuatan Oscilator & uji penguat RF. lebih Jos lagi ditambah RF Analyzer

jika masih belum mengerti silahkan pelajari dasar pemrograman Mikrokontroler di Blog ini juga.
jika mau bertanya silahkan komentar dibawah. semoga dijawab jika memang bisa dijawab.
jika mengiginkan .hex siap pakai silahkan diambil disini
jika tidak mau repot-repot silahkan bisa langsung Order Signal Generator Si5351A dengan LCD 16x2

atau jika mau Privat aplikasi khusus Mikrokontroler silahkan (PLL FM, HT, Rig, DDS, Jam Digital, Timer, Frequency Counter, dan Lain2), bisa Online maupun Offline. tentunya Offline lebih menyenangkan karena bisa langsung mempraktekkan.

Artikel Terkait

BUILD SIGNAL GENERATOR with Si5351A
4/ 5