CARA MEMBUAT PCB YANG BAIK DAN BENAR

inti atau kunci dari cara membuat PCB yang baik dan benar terletak pada Printer Laser Jet yang digunakan, Toner yang telah direfil beberapa kalipun tetap bisa menghasilkan PCB yang baik. akan tetapi Toner Original bawaan Printer Laser Jet tetap memberikan hasil yang paling bagus, bahkan istimewa tiada cela. dan jika kita proses finishing dengan melapisi solder mask maka sudah bisa dikatakan sempurna dan layak jual.

kunci kedua untuk cara membuat PCB yang baik dan benar adalah kertas yang dipakai, carilah kertas Glosy yang ukuran gram terkecil. kami menggunakan kertas Glosy ukuran 110 - 120 gram. selain Printer lebih awet hasil PCB sangat bagus, kertas juga mudah sekali dilepas setelah disetrika. bahkan membuang sisa-sisa kertas halus yang masih menempel di PCB sangat mudah. berbeda jika menggunakan kertas glosy yang tebal. hindari penggunaan kertas glosy tebal, karena kertas bisa macet ditengah. bahkan bisa merusakkan bagian dalam printer.

cara membuat pcb yang baik dan benarcara membuat pcb yang baik dan benar

kunci yang ketiga untuk cara membuat PCB yang baik dan benar terletak pada pembersihan permukaan PCB. gunakan serabut pembersih cucian piring untuk membersihkan permukaan PCB. jangan memakai amplas, karena amplas sekali pakai. pada gambar diatas adalah hasil PCB dengan Toner yang telah di refil 2 kali.

kunci keempat untuk cara membuat PCB yang baik dan benar adalah penyetrikaan. jangan terlalu ditekan karena toner akan menyebar, gunakan panas maksimum, tekan secukupnya, ratakan. jangan lupa bagian pinggir disterika lebih sering. jika tidak toner tidak akan menempel. penyetrikaan ini sampai warna kertas berubah sedikit kusam dan seperti ada bayangan-bayangan jalur PCB. kemudian segera masukan ke Air tunggu sesaat kemudian dengan menggunakan jempol atau telunjuk gosok-gosoklah kertas sampai bersih. biasanya masih ada sisa-sisa kertas yang masih menempel di lingkaran-lingkaran Pad PCB. untuk membersihkanya gunakan bekas kertas yang telah dilepas sebelumnya. kertas itu di padatkan dibentuk gumpalan. gosok sisa kertas tadi dengan gumpalan kertas.

Simak Juga : cara membuat lapisan PCB sendiri

kunci kelima untuk cara membuat PCB yang baik dan benar adalah proses pelarutan. intinya jangan terlalu lama di larutkan. setelah kelihatan semua tembaga terkikis segera angkat dan cuci dengan air. jika terlalu lama PCB akan buruk hasilnya, banyak pori-pori yang muncul, terutama jika memakai toner yang sudah di refil. kami sarankan memang untuk memiliki Printer laser sendiri. sangat repot tentunya jika harus pakai jasa Foto Copy, belum lagi nantinya jika ada jalur yang salah. membetulkannya akan sangat repot. apalagi beberapa jasa Foto Copy akan menolak jika kita memakai kertas Glosy.

CARA MEMBUAT PCB YANG BAIK

untuk Printer Laser Jet kami menggunakan HP laser Jet P1005, printer ini cukup bandel. kami menggunakan sudah sampai direfil beberapa kali. dengan memakai printer ini dan toner original ukuran jalur yang bisa dibuat bisa ukuran paling kecil (T8) jika memakai Proteus Ares PCB. jika toner refil hasil akan berkurang. kemungkinan akan ada jalur tipis sekali yang putus. untuk mengatasi jalur kecil yang putus bisa disambung dengan melapisi jalur dengan tinol.

flux siongka untuk melapisi pcb

kunci selanjutnya bagaimana cara membuat PCB yang baik dan benar biar lebih awet dan tidak terjadi korosi adalah dengan melapisi PCB dengan pelapis PCB botol kecil yang banyak dijual dengan harga Rp 5 ribuan. pelapis ini berbentuk cairan.. pelapisan ini selain mencegah jalur berkarat juga mempermudah penyolderan. akan tetapi kami sarankan lebih baik menggunakan pelapis dari jenis pasta, karena jika kita lalai botol jatuh atau kesenggol tidak akan tumpah. pelapis jenis pasta bisa menggunakan "FLUX" yang sering dipakai teknisi Ponsel. oleskan dan ratakan flux sambil ditekan menggunakan kain. biarkan seharian biar kering, selanjutnya baru pasang komponen.
pcb solder mask ink solder mask PCB ink

akan tetapi cara membuat PCB yang baik dan benar skala rumahan atau bikinan sendiri sebaiknya menggunakan pelapis PCB khusus atau solder mask.  solder mask tersedia dalam beberapa warna, silahkan pilih warna sesuai selera anda. solder mask dan flux memiliki bentuk kemasan yang sama, akan tetapi flux memiliki warna kekuningan. bisa dibandingkan dari kedua produk diatas. solder mask untuk pelapisannya melibatkan sinar ultra violet. cara menggunakan atau melapisi solder mask adalah tuangkan pasta soldermask ke PCB setipis mungkin. pasang plastik/film berisi gambar atau pola solder mask, kemudian paparkan sinar ultra violet ke PCB. lepas film dan bersihkan PCB dengan air. bagian soldering komponen karena tidak terkena sinar ultra violet maka solder mask akan terkikis, atau terlihat kuning tembaga.

Artikel Terkait

CARA MEMBUAT PCB YANG BAIK DAN BENAR
4/ 5

4 komentar

18 Agustus 2016 pukul 12.41 delete

cara menambah kompone bagaimana ya pak?
mohon bantuannya.
terimakasih.

Reply
avatar
18 Agustus 2016 pukul 18.34 delete

maksudnya menambah komponen apa ya? klo yg di maksud menambah komponen pada proteus isis ya mudah saja. tingggal kamu gambarkan komponen sesuai keinginan. blok semua gambar, klic kanan mouse pilih make pakcage. beri nama komponen

Reply
avatar
23 September 2016 pukul 15.03 delete

Hallo mas bro...mampir nih, ulasannya mantep. ohya, punya artikel cara modifikasi Battery/AKI UPS ga ? dari duraasi standar pabrik ke durasi suka-suka kita..... yuk berbagi.

Reply
avatar
29 September 2016 pukul 10.32 delete

terimakasih atas kunjungannya Gan..kebetulan belum pernah nguprek UPS Gan, jadi belum bisa kasih ulasannya. btw aku usahakan Gan

Reply
avatar