BEDAH MOBIL R/C CHINA

BEDAH MOBIL RC CHINA  kali ini akan mengulas isi dalam Mobil RC buatan China yang populer
saat ini. berawal dari rasa penasaran apa isi di dalam Mobil RC ini. seperti apa rangkaian Elektroniknya, apa bisa di modifikasi Baterai, Kecepatan, dan yang lain-lainya.

Mobil RC jenis ini adalah Mobil RC yang paling murah dikelasnya. dengan merogoh kocek Rp50.000 - Rp100.00 sudah dapat membuat anak kecil behenti merengek dan langsung kegirangan jika sang ayah membelikannya.

kenapa bisa semurah itu?
ini karena menggunakan rangkaian yang sangat simpel. semua sudah terintegrasi dalam satu IC FMRX2M, jadi sangat simpel sekali Rangkaiannya.

IC FMRX2 ini dibuat khusus untuk Mobil RC low End user. masalah elektronik harga murah memang China pakarnya. mereka sudah bisa memproduksi IC sendiri. di Produksi dalam sekala yang besar dengan bahan baku yang murah.

pada bagian penerima RF Remote menggunakan satu Transistor. perhatikan Mesin utama Mobil RCdibawah ini:
CARA KERJA MOBIL R/C
tidak ada komponen semikonduktor lain selain IC FMRX2 dan Transistor RF. untuk komponen Resistor dan Kapasitor sudah memakai SMD komponen, ada juga satu elco dan sebuah Induktor untuk RF. dan untuk pemanis biar anak-anak tertarik ditambahkan lampu LED kedip-kedip.

untuk tenaga dorong dan berbelok kanan maupun kiri menggunakan Motor DC yang langsung di Drive dari IC FMRX2. untuk Mobil RC yang lebih besar Motor DC biasanya di tambahkan Driver Transistor, akan tetapi sering dijumpai Transistor sering mengalami kebakaran. ini terjadi biasanya ketika mobil menabrak sesuatu teetapi mesin tetap dinyalakan, tidak segera di belokan atau dimatikan mesinnya. dalam keadaan ini terjadi penyerapan Arus listrik yang besar. kalu Transistor Drivernya tidak kuat akan terbakar disertai bau yang kas.

akan tetapi yang menjadi kelebihan dari Mobil RC mini ya kecil ini kerusakan justru sering terjadi pada karet pelapis Roda, bukan pada mesinnya. mesinya awet, jarng ditemukan IC sampai terbakar. dalam keadaan menabrak dengan tetap mesin dihidupkan konsumsi arusnya masih dibawah daya maksimalnya, mungkin ini yang membuat awet mesinnya.

kerusakan kedua terjadi pada gigi-giginya. tapi dalam jangka waktu yang lama. dan masih dalam batas kewajaran. yang paling cepat rusak tetap pada karet pelapis Rodanya. jadi bisa disimpulkan Elektroniknya tidak ada masalah. penggunaan IC FMRX2 sangat tepat.

demikian sekilas BEDAH MOBIL RC CHINA. semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Artikel Terkait

BEDAH MOBIL R/C CHINA
4/ 5