MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC pada dasarnya hanya mengganti baterai bawaan MOBIL RC dengan Baterai pada Handphone. Baterai pada Handphone mempunyai tegangan 4.2 Volt dalam keadaan penuh. sedangkan Baterai MOBIL RC menggunakan 3 buah baterai A2 dengan total tegangan 1.5x3=4.5 volt. sedikit lebih besar baterai bawaannya. akan tetapi setelah di uji langsung ternyata baterai handphone memiliki tenaga yang lebih bagus.dan jauh lebih awet. ini sungguh diluar dugaan. mungkin karena arus yang lebih besar.

modifikasi baterai MOBIL RC ini sebenarnya tidak sengaja. ini berawal dari MOBIL RC si adik kecil yang selalu merengek minta dibelikan baterai ABC biasa.bayangin saja berapa duit yang harus dikeluarkan untuk membeli baterai setiap kali baterai habis. kebetulan dirumah banyak baterai Handphone bekas. tanpa pikir panjang ambil solder, tinol, dan seutas kabel merah dan hitam.

pilih baterai yang kira-kira bisa masuk ke dudukan baterai MOBIL RC. jika baterai sedikit tebal bisa memotong sedikit bagian dudukan baterai di mobil rc. dengan baterai bekas saja tenaganya sangat bagus, apalagi jika memakai baterai baru. pemasangannya sangat mudah sekali. solder langsung 2 buah kabel dengan panjang masing-masing 4 cm. gunakan kabel yang berbeda warna. merah untuk + dan hitam untuk -.

bagaimana ngecharge baterai ini?
siapkan kontra DC mini untuk hp Nokia, bisa juga memakai Kontra USB siapkan juga dioda 1A atau 2A.

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC
cara menyambung

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC
pake Baterai LG original

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC
kabel disolder langsung

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC
Kabel disolder langsung

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC
memakai bekas Baterai Hp LG, pas di tempat.

diode berfungsi sebagai penurun tegangan dari charger yang memiliki tegangan 5V. penurunan tegangan sekitar 0.65V. sehingga tegangan yang masuk ke baterai sekitar 4,3V. cukup aman untuk mencharger baterai ponsel.

Berapa lama chargernya?
karena tidak ada indikator Baterai penuh jadi tidak tahu kapan baterai penuh...sebagai asumsi kalau kita ngecharge Hp nokia butuh sekitar 2 jam. kalaupupun kita kelupaan sampai seharian tidak akan membuat baterai melembung, karena metode chargernya memakai tegangan yang sama dengan tegangan Baterai. jika Baterai sudah penuh akan terjadi keseimbangan tegangan.

demikianlah kawan cara MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC. semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

MODIFIKASI BATERAI MOBIL RC
4/ 5

4 komentar

27 Oktober 2019 pukul 19.51 delete

Bos baterainya udah saya ganti pake baterai HP
Alhamdulilah berhasil
Nah sekarang saya bingung buat ngecas. Soalnya ga ada konektor dan dioda
Kalo saya langsung charger gak pake dioda 1 ampere gimana bos??
apakah aman??

Reply
avatar