MENGENAL BUCK CONVERTER dan CARA KERJANYA

Buck Converter kebalikan dari BOOST CONVERTER. yaitu menurunkan tegangan dengan level output tetap dan level input bervariasi. tegangan input harus lebih besar dari tegangan output. Buck Converter banyak dipakai pada berbagai perangkat elektronik rumah tangga, industri, maupun militer. komponen utama dari Buck Converter adalah kumparan, Diode, kapasitor, dan rangkaian Clock generator dengan frekuensi tertentu. saat ini Buck Converter banyak dijual dalam bentuk modul siap pakai.

  MENGENAL BUCK CONVERTER dan CARA KERJANYA



MENGENAL BUCK CONVERTER dan CARA KERJANYA
Buck Converter mempunyai efisiensi tinggi, sehingga tidak banyak panas yang dihasilkan dari sistem ini. bandingkan dengan IC regulator 7805 misalnya. IC 7805 akan lebih panas dengan kebutuhan Arus yang sama. modul Buck Converter sangat cocok untuk menurunkan tegangan Aki motor atau mobil, kemudian tegangan kita atur 5 Volt untuk digunakan sebagai Charger Ponsel, Power Bank, atau Gadget yang lainnya.

BACA juga : MENGENAL BOOST CONVERTER dan CARA KERJANYA

CARA KERJA BUCK CONVERTER:

Prinsip kerja Buck Converter adalah  menggunakan switch yang bekerja secara terus-menerus (ON-OFF). untuk mengendalikan on.off dengan PWM (Pulse Width Modulation).

MEMBUAT BUCK CONVETER SENDIRI:
skema diambil dari Datasheet IC LM2576 atau LM2596. dari datasheet menyebutkan Arus maksimal IC LM2576 dan LM2596 tersebut 3 Ampere. cukup lumayan untuk membuat DC Down Conveter untuk berbagai keperluan. termasuk membuat charger ponsel dengan Aki motor ataupun Mobil. kebetulan Aki motor memiliki arus 5 - 10 Ampere, apalagi Mobil bisa sampai 100 Ampere.

 MENGENAL BUCK CONVERTER dan CARA KERJANYA

komponen yang dibutuhkan antara lain:
1. IC LM2579 atau LM2596
2. Induktor 150 uH
3. Diode
4. Potensio meter
5. Elco 100 uF
6. Elco 1000 uF

semua yang ada di alam ini pasti ada kelebihan dan kekuranganya, termasuk sistem Buck Converter ini. Buck Converter dibuat dengan tujuan efisiensi dan performa yang lebih baik. jika membuat sistem elektronik yang aman tentunya dipilih sistem yang baik pula. atau sesuaikan dengan situasi yang ada.

contoh kasus yang sering terjadi di forum biasanya seseorang anggota forum mengeluhkan rangkaian DC Down Converter untuk Charger Ponsel yang dibuatnya terlalu panas bahkan sampai meletus karena memakai 7805 misalnya.

kelebihan Buck Converter:
1. efisiensi tinggi
2. suhu rendah

kekurangan Buck Converter:
1. komponen lebih banyak
2. harga lebih mahal



Artikel Terkait

MENGENAL BUCK CONVERTER dan CARA KERJANYA
4/ 5