CARA MEMBUAT SETRUM IKAN

mencari ikan dengan cara menyetrum memang sangat asyik, tapi melanggar aturan. akan tetapi kenyataan dilapangan memang banyak yang mencari ikan dengan cara disetrum,  selain itu memakai bom ikan juga dilarang. kenapa dilarang? ya karena akan mematikan bibit ikan. saya sendiri dulu juga sering menyetrum ikan di kali Kuning wilayah ngemplak Sleman. dalam hitungan menit segenggam ikan-ikan kecil macam Wader, Udang, Uceng, dan anakan Gabus. dalam hitungan jam sudah seember kecil penuh dengan ikan. anehnya ikan Cetol susah untuk disetrum. he...

Membuat setrum ikan tidaklah sulit untuk kita praktekan, bahkan sewaktu SMP saya sudah bisa membuat setrum ikan sendiri. yang diperlukan adalah kesabaran menggulung kawat tembaganya. klo nggak sabar ya silahkan beli jadi. he..he...
masa-masa SMP,SMA, dan KULIAH adalah masa dimana aku dan teman-teman berburu ikan dengan cara menyetrum. dimakan bareng-bareng ruasanya huasyik banget. dari seember ikan bisa untuk lauk 2 minggu jika dimakan sendiri. sampai eneg deh ngelihat ikan sungai....

Setrum ikan pada dasarnya hanyalah sebuah Converter DC to AC, kebetulan yang sering dipakai adalah Aki Motor 12V. pernah juga aku dan teman2 memakai aki Mobil, kasian banget sama teman yang menjinjing...pegel. bahkan yang paling mengerikan pernah terjadi konsleting, kabel terbakar sampai keluar asap yang menyelubungi tubuh saya. spontan aku lepas alat setrum dari pundak dan aku banting. tanpa pikir panjang aku betot kabel yang menuju ke Aki sehingga kebakaran tidak berlanjut.

untuk mengubah dari DC to AC pada setrum ikan menggunakan teknik Auto Switching Mecanical. jadi tidak dilakukan secara elektronik seperti DC to AC Converter pada umumnya. karena dilakukan secara mekanis tidak dapat dihindari timbulnya percikan Api di Kontak Platina. timbulnya percikan api dan pertemukan dua kontak platina menyebabkan timbulnya suara khas setrum ikan, teeet....teeet.....teeet....jika saklar dipencet. dalam kurun waktu tertentu kontak platina ini akan kotor dan performa setrum ikan akan turun, untuk itu harus dibersihkan secara berkala menggunakan Amplas halus.

sempat terlintas dalam otak saya bagaimana membuat setrum ikan tanpa platina, yaitu menggunakan sistem switching elektronik. dengan cara ini tentunya tidak akan ada suara teeet....teeet. dan tidak diperlukan pembersihan pada kontak platina karena memang tidak menggunakan platina. sistem ini menggunakan Clock dengan frekuensi tertentu, kemudian kita kuatkan untuk menggerakkan FET daya besar. FET disini untuk menggantikan Platina. akan tetapi sampai saat ini saya belum pernah membuat bahkan hanya sekedar mencoba. mungkin teman2 sudah ada yang pernah mencoba.....................

DASAR TEORI:
sebatang kawat yang dialiri listrik akan timbul medan magnet, untuk memperkuat medan magnet kawat diperbanyak dengan cara di gulung, sehingga magnet akan lebih kuat. untuk lebih memperkuat lagi dipasang inti besi, sehingga besi ini akan menjadi beban utama kemagnetan. jika aliran listrik dilepas magnetpun ikut hilang.

magnet seperti ini disebut magnet buatan, Biasanya diterapkan untuk mengangkat benda-benda yang mengandung unsur besi pada sebuah perusahaan.

INDUKSI:
jika disebelah kawat yang dialiri listrik kita pasang lagi kawat lain, maka kawat yang lain akan terinduksi oleh magnet yang dihasilkan oleh kawat pertama, sehingga jika kedua ujung kawat yang terinduksi kita pasang Galvanometer akan menunjukan adanya tegangan listrik

CARA KERJA SETRUM IKAN:
sumber listrik dari aki akan mengaliri kumparan, sehingga kumparan akan membuat besi menjadi magnet, karena besi menjadi magnet, kontak platina akan terputus karena ditarik oleh plat besi yang menjadi magnet. sehingga aliran listrik ke kumparan akan terputus dan plat besi menjadi netral lagi, artinya kontak platina akan tersambung lagi, dan listrik mengalir lagi, plat besipun menjadi magnet lagi, menarik kontak platina lagi.

dengan kata lain akan terjadi putus dan sambung di kontak platina dengan waktu yang sangat cepat. plat besipun kemagnetannya akan berubah ubah dengan cepat. dari menjadi magnet, netral, magnet lagi, netral lagi dan seterusnya selama ada aliran listrik.

CARA MEMBUAT SETRUM IKAN

Kondensor berfungsi untuk mempercepat laju switch on dan switch off kontak platina, sehingga akan menghasilkan aliran listrik yang lebih kuat. ini ditandai dengan perbedaan suara teeeet....teeet pada saat memakai kondensor maupun tidak. oba lakukan pengujian dengan cara melepas/memasang kondensor sewaktu alat di hidupkan. dengarkan perbedaan bunyi yang di hasilkan. dengan kondensor bunyi lebih melengking yang menunjukan frekuensi on/off lebih cepat.

CARA MEMBUAT SETRUM IKAN

kemagnetan plat besi yang berubah-ubah akan menginduksi kumparan skunder dan terjadilah aliran listrik di kumparan skunder. arus listrik di kumparan skunder adalah arus AC. semakin besar ukuran kawat yang kita gunakan arus yang dihasikan juga semakin besar. untuk gulungan Primer gunakan kawat ukuran 1mm, untuk skunder gunakan gulungan kawat 0.8mm dengan jumlah lilitan yang lebih banyak dari gulungan Primer.

BAHAN-BAHAN dan PERAKITAN:
untuk platina bisa diambilkan dari platina bekas dari pengapian Motor, lebih bagus jika beli baru. termasuk Kondensornya
platina ini harus dibentuk sedemikian rupa di tempelkan ke plat besi, akan tetapi bukan plat besi yang dikumparan. plat besi lain yang harus kita sediakan. yang bagus menggunakan plat besi untuk pisau dapur. karena kelenturanya pas untuk membuat kontak platina.

CARA MEMBUAT SETRUM IKAN

untuk plat besi bisa ke tukang las, biasanya mereka menyediakan plat-plat besi. kita tinggal memotong dengan ukuran yang diinginkan. plat-plat besi ini di tumpuk-tumpuk sesuai ukuran yang diinginkan. setelah plat-plat besi ditumpuk kemudian di tutup memakai isolasi plastik hitam. kemudian secara perlahan dan teratur kamu buat gulungan Primer terlebih dahulu.untuk gulungan primer dengan kawat 1mm kamu bisa buat sampai 4 susun. kemudian dilanjutkan dengan gulungan Skunder dengan jumlah Susun lebih dari 4. bisa 6 susun.
CARA MEMBUAT SETRUM IKAN

Demikian sedikit informasi bagaimana CARA MEMBUAT SETRUM IKAN. akan tetapi saya anjurkan untuk tidak mencari ikan dengan cara menyetrum karena akan mematikan ekosistem sungai. lebih baik mencari ikan dengan Cara menjaring atau memancing.

Artikel Terkait

CARA MEMBUAT SETRUM IKAN
4/ 5