RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR

RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR sangat diperlukan pada sebuah peralatan Elektronik untuk melindungi dari kesalahan tegangan yamg melebihi tegangan yang di anjurkan.

Power Supply konvensional yang masih menggunakan Trafo sangat berbahaya, Power Supply ini untuk memproses rangkaian Catu Daya membutuhkan input tegangan diatas 18 Volt, ada juga yang 25Volt. jika Transistor Daya (biasanya 2N3055) bocor bisa-bisa perangkat Radio Komunikasi anda Jebol. bisa dibayangkan dari mulai IC Kontroler, Modul RF Power, Internal Regulator, dan PLL akan Jebol...sedih.

saya sendiripun pernah  mengalami hal seperti diatas. waktu itu yang terkena adalah Pemancar FM. Transistor Daya Bocor sehingga Voltage Over sampai 25 Volt. transistor Final langsung Mati. ada teman juga mengalami Radio Rig Kenwood Jebol gara-gara kejadian di atas. jadi bete kan......bahkan teman-teman Teknisi HP juga megalami hal yang sama, HP jebol..

berbeda jika kita menggunakan SMPS untuk mensupplay perangkat Elektronik. dengan SMPS jarang terjadi Over Voltage, yang sering terjadi malah Under Voltage. akan tetapi kebanyakan dari kawan-kawan Penghoby Radio Komunikasi lebih memilih Power Supply Konvensional dengan alasan tertentu.

RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR yang akan kita buat ini menggunakan sistem Digital, jadi bisa sangat akurat pembacaan tegangannya. dipilihlah IC Mikrokontroler dengan jumlah Pin yang sedikit. Attiny13A rasanya sangat pas. murah, kecil, dan pastinya simpel. dengan ukuran program 1KByte sudah cukup untuk keperluan ini.

RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR ini juga sangat cocok untuk di pasang pada Power Supply untuk Reparasi Handphone. rata-rata Teknisi Handphone memakai Power Suply yang bukan diperuntukan untuk menangani Handphone. bisa saja terjadi kelalaian kerja dengan memutar Pengatur Tegangan sampai diatas 4.2Volt, yang pastinya akan membuat telephone Selulernya rusak.

RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR


CARA KERJA RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR
dengan mendeteksi tegangan yang dilewatkan jika tegangan melebihi tegangan yang di anjurkan maka alat ini akan memutus aliran listrik. sehingga peralatan yang diatunya menjadi aman dari tegangan yang over.

untuk mengatur berapa tegangan Cutnya bisa dengan memutar Trimpot. misalnya perangkat yang mau kita lindungi membutuhkan tegangan 6 Volt, maka bisa kita atur agar alat ini akan memutus aliran saat tegangan diatas 6,5Volt. jadi kita kasih kelebihan 500mV untuk Cut Offnya. jika kita setel pas di 6Volt kemungkinan akan terjadi Protek yang tidak diinginkan karena intervalnya terlalu pendek.

RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR

Artikel Terkait

RANGKAIAN OVER VOLTAGE PROTEKTOR
4/ 5