Cara Membuat Charger Aki Motor

inti dari Charger Baterai, apapun Baterai yang dipakai adalah proses menstransfer energi listrik dari sumber Energi listrik ke Baterai yang energinya sudah habis. bisa dikatakan dari potensial tinggi ke potensial rendah. walaupun sebagian ada yang menyebut bahwa proses pengisian pada Baterai, terutama Aki sebenarnya adalah untuk membersihkan sesuatu di dalam baterai, sehingga performa baterai akan kembali seperti semula. apapun itu intinya adalah supaya Baterai bisa sehat kembali.

rangkaian Charger aki

mengisi atau mencharger Aki motor sangat mudah untuk kita lakukan, cukup sediakan sumber listrik dengan tegangan 15Volt. hubungkan + ke + dan - ke - selesai. apakah semudah itu? ya memang semudah itu. akan tetapi bagi seorang pemula tentunya membutuhkan informasi tambahan. untuk lebih jelasnya ikutilah tour kali ini mengenai bagaimana Cara Membuat Charger Aki Motor.

komponen yang diperlukan untuk Membuat Charger Aki Motor antara lain
  • Trafo 5A
  • kabel AC
  • Dioda Bridge 10 - 35 A
  • Kabel besar merah untuk +
  • Kabel Hitam besar untuk -
  • Capit Buaya satu set
untuk penyambunganya perhatikan gambar dibawah ini




rangkaian harger aki motor
itu adalah rangkaian Charger Aki Motor paling sederhana di dunia, kalu teman-teman punya yang lebih sederhana lagi itu lebih bagus.

lalu bagaimana kita tahu Aki telah terisi penuh? cara yang pertama adalah dengan pengukuran Voltase pada Aki. cara yang kedua bisa dengan memasang Ampere meter sebelum + Aki. cara lain adalah dengan mengukur air aki dengan Hidrometer. akan tetapi cukup merepotkan dan belum tentu tersedia. utnuk itu kita pakai cara yang pertama atau kedua. setelah Aki penuh sebaiknya dilepas. bahaya kalu terisi terus menerus. keuali anda mengisi dengan tegangan 12V akan aman aman saja karena Arus sudah sangat kecil.

dengan memasang Ampere meter dan Volt Meter kita bisa melihat perilaku dari Aki apakah Aki masih bagus atau tidak, apakah Aki bisa di isi atau tidak. dan tentunya kita bisa merasa lebih nyaman bisa mengetahui Status pengisian. jadi tidak menebak-nebak apakah Aki bagus apa tidak.

ternyata begitu mudah Cara Membuat Charger Aki Motor sendiri. untuk charger Aki Mobil tentunya harus merubah ukuran Trafo dan Diode.

Artikel Terkait

Cara Membuat Charger Aki Motor
4/ 5