Merancang Smart Power Supply

Apa itu Smart Power Supply? Pada dasarnya sebuah Power Supply biasa, akan tetapi dengan penambahan beberapa fungsi lain. Dengan beberapa penambahan ini diharapkan Power Supply memiliki nilai lebih. Terutama bagi yang sering mengoprek sistem elektronik baik yang suka membuat atau merancang sistem elektronik maupun reparasi perangkat elektronik.

Lalu apa saja sistem tambahan tersebut? kita akan menambahkan tampilan LCD 16x2, Amper/Volt Meter Digital, Volltage injector, Automatic Short Sistem, USB Doctor, AVO meter Digital, Frekuensi Generator, dan Frekuensi Counter. Dengan tambahan fitur tersebut kita akan sangat terbantu dalam menjalani hoby elektronik kita.

Pada pembahasan pembahasan sebelumnya kita sudah pernah membuat Ampere/Volt/Ohm/dan frekuensi. Alangkah menguntungkan jika kita gabungkan dengan Power Supply. Kita akan memiliki PowerSupply dengan nilai Plus. Sangat cocok bagi yang hoby Radio Komunikasi dan teknisi ponsel.

Merancang Smart Power Supply
tampilan Mode DC Voltmeter


Resistansi Meter menggunakan auto range, meskipun bisa juga menggunakan tombol manual untuk mengatur range.

Merancang Smart Power Supply
tampilan Mode Resistansi Meter

Untuk keperluan itu semua kita cukup mengandalkan Mikroprosesor murah  Atmega16A sebagai otak utama sistem Smart Power Supply ini. Untuk Transformator menggunakan arus 3A, disesuaikan dengan rangkaian Power Supply regulatornya yang menggunakan IC LM2596.

Merancang Smart Power Supply

Kemampuan pengukuran frekuensi pada Smart Power Supply dibatasi hingga 150MHz. Akan tetapi pada pengukuran sebenarnya mampu mengukur 180 MHz. Pengukuran terkecil pada 1 Hz. Menggunakan 2 buah prescaler. 74HC93 dan LB3500. 74HC93 membagi 16 dan LB3500 sebagai pembagi 8. Ini sudah lebih dari cukup, meskipun belum menjangkau hingga 550MHz.

Merancang Smart Power Supply
tampilan Mode Frequency Counter

USB Doctor digunakan untuk mendeteksi konsumsi arus piranti elektronik yang menggunakan sistem Charger 5V, seperti pada perangkat Ponsel, MP3 Player, Kamera, dll. Sehingga kita bisa tau apakah perangkat mengalami masalah pada bagian Charger. Bisanya terjadi pengisian arus semu. Indikator charger berjalan akan tetapi baterai tidak terisi. Sehingga kita bisa mengambil tindakan dengan lebih cepat dan tepat.

USB DOCTOR
tampilan USB Doctor

Jika Smart Power Supply konslet pada terminal outputnya, atau ketika sebuah piranti elektronik yang kita hubungkan kepadanya terjadi konslet, maka alat akan memberi tahu dan akan melindungi dari terbakarnya komponen. Dan fitur proteksi bisa di nonaktifkan jika kita memang mau mencari komponen apa yang rusak dengan cara mengetahui komponen yg panas, bahkan terbakar.

Merancang Smart Power Supply
tampilan saat Konslet

Fitur Voltage injector berguna untuk menyuntikan tegangan pada suatu titik yang bermasalah dan sekaligus mengukur konsumsi arusnya. Dengan cara ini akan sangat terbantu dalam proses perbaikan atau analisa rangkaian elektronik.Tegangan suntik dapat diatur dari 0 - 30V. Harap diperhatikan jika menggunakan fitur ini. Kelalaian dalam penyetingan bisa berakibat fatal.

Merancang Smart Power Supply
tampilan Voltage Injector

Sedang untuk Frekuensi Generator terbatas menggunakan fasilitas Timer/counter. Sehingga maksimal frekuensi yang bisa dihasilkan 8MHz. Pada pengembangan yang lebih lanjut Frekuensi Generator bisa menggunakan chip khusus seperti SI5351A. Sehingga menghasilkan frekuensi hingga 160MHz.

Artikel Terkait

Merancang Smart Power Supply
4/ 5

3 komentar