cara membuat Joule thief

Apa itu Joule Thief? dan bagaimana cara membuat Joule thief? jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah Joule=nama orang, thief=pencuri, berarti Joule Thief=pencuri orang atau orang pencuri. kok aneh ya, masak orang dicuri, yang ada mah orang diculik :). ini bisa menimbulkan salah tafsir jika tidak dijelaskan arti sebenarnya. kita tidak bisa dengan menelan mentah-mentah mentranslate bahasa inggris ke bahasa Indonesia. akan banyak ditemui kejanggalan pada beberapa penyebutan.
rangkaian Joule thief


 Joule sebenarnya nama seseorang. beliau adalah James Prescott Joule (1818–1889) yang menemukan satuan untuk Energi. jadi kata yang pas dalam mengartikan Joule Thief adalah Pencuri Energi. lalu Energi siapa yang di curi? menurut sejarah dari serangkaian penemuan Joule Thief, awalnya rangkaian semacam Joule Thief telah digunakan sebelum perang dunia II pada sebuah tabung vakum atau katup termionik.


pada tahun 2002 nama "Joule Thief" diciptakan oleh Clive Mitchell. rangkaian ini terdiri dari baterai satu sel, NPN Transistor B549, koil dengan dua gulungan, Resistor 1K, dan sebuah Led putih tunggal. awalnya Clive memberi nama Rangkaian ini "Vampire Torch", karena mengisap sisa-sisa Energi terakhir dari baterai.


rangkaian joule thief

Joule Thief menurut Wikipedia
Seorang pencuri joule adalah Armstrong minimalis self-berosilasi penguat tegangan yang kecil, murah, dan mudah untuk membangun, biasanya digunakan untuk mengemudi beban kecil. sirkuit ini juga dikenal dengan nama lain seperti dering joule atau memblokir osilator.

Hal ini dapat menggunakan hampir semua energi dalam baterai listrik-sel tunggal, bahkan jauh di bawah tegangan di mana sirkuit lainnya menganggap baterai sepenuhnya habis (atau "mati"); maka nama, yang menunjukkan gagasan bahwa sirkuit yang mencuri energi atau "joule" dari sumber. Istilah ini pun pada ekspresi "pencuri permata": satu yang mencuri perhiasan atau batu permata.

Rangkaian adalah varian dari osilator blocking yang membentuk diatur tegangan boost converter. Tegangan output meningkat dengan mengorbankan menarik saat lebih tinggi pada input, tetapi terintegrasi (rata-rata) saat output yang diturunkan dan kecerahan pendaran sebuah penurunan.

terlepas dari nama Joule Thief atau apapun yang diberikan oleh Clive Mitchell ataupun anda yang memberi nama, yang jelas rangkaian diatas adalah rangkaian Boost Converter, Step Up Converter, DC to DC, atau DC to AC Converter. yang menjadi keistimewaan adalah Efisiensi yang tinggi.

menurut seorang pakar Joule Thief (JT), untuk selanjutnya kita sebut JT saja. JT dapat bertahan hingga 2 hari, akan tetapi saya sendiri belum pernah membuktikan. kalau memang ternyata betul berarti JT bisa di Komersilkan :). dasar pikirannya bisnis melulu.......dengan desain luar yang menarik dan tahu cara membuat Joule thief dengan benar tentu mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. dengan memamerkan JT bisa bekerja dengan satu Baterai 1.5V bisa menjadi daya tarik utama.

berikut ini beberapa contoh cara membuat Joule thief. gambar rancangan JT yang di ambil dari beberapa sumber di internet, jika ada yang keberatan gambarnya saya pajang bisa kirim email keberatan. dan saya akan segera menghapus.


cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief

cara membuat Joule thief
sangat menarik bukan ? teman-teman bisa mulai mempraktekan cara membuat Joule thief ini, karena bahan baku bisa didapat dengan sangat mudah bahkan Gratis. 
  • Toroid. bisa diambil dari bekas lampu Rumah yang sudah rusak
  • Kawat/kabel. bisa diambil dari bekas lampu/transformator lampu rumah yang sudah rusak
  • Transistor. bisa di ambil dari rangkaian elektronik bekas
  • Resistor. bisa diambil dari rangkaian elektronik bekas
  • Lampu Led. bisa diambil dari rangkaian elektronik bekas
intinya Untuk cara membuat Joule thief ini bahan bisa menggunakan limbah Elektronik rumah tangga yang biasanya sudah menjadi Rongsokan.
cara membuat Joule thiefcara membuat Joule thief
salah satu cara membuat Joule thief yang kreatif, dikemas agar terlihat lebih rapi sehingga enak di pandang. perlu di pertimbangkan desain yang lebih menarik dan kokoh dengan baterai yang bisa di ganti-ganti dalam kurun waktu tertentu.

Artikel Terkait

cara membuat Joule thief
4/ 5

1 komentar: