Referensi Rancangan Inverter Sinus Murni

artikel ini menjelaskan prinsip merancang dan cara kerja dari Inverter Sinus Murni 800VA. inverter sinus murni memiliki banyak kegunaan karena itu keuntungan utama seperti operasi dengan cacat harmonik yang sangat rendah dan daya bersih seperti perlengkapan listrik yang telah disediakan. mengurangi suara dan kebisingan pada kipas angin, lampu neon, dan sebagainya. cepat, tenang, dan digin menjalankan beban induksi seperti microwave dan motor.                                                                                      
Inverter Sinus Murni

inverter daya adalah piranti yang mengubah daya listrik dari DC ke AC menggunakan rangkaian elektronik. ini adalah penggunaan khusus untuk mengubah Baterai ke tegangan AC konvensional rumah tangga yang memungkinkan anda menggunakan ketika Listrik AC tidak tersedia pada dasarnya ada tiga jenis inverter. inverter pertama sudang usang, karena menghasilkan output gelombang persegi. inverter kedua disebut Modified Square Wave, dan ketiga adalah Inverter Sinus Murni.

inverter Modified Square Wave disebut juga inverter Modified Sine Wave yang menghasilkan gelombang persegi dengan beberapa titik mati antara setengah siklus positif dan negatif pada output. Saat ini pasar inverter akan melalui pergeseran dari tradisional inverter Modified Sine Wave ke Gelombang  inverter Sinus Murni karena lebih menawarkan manfaat.

membuat Inverter Sinus Murni

Referensi Rancangan Inverter Sinus Murni

Referensi Rancangan Inverter Sinus Murni

bentuk gelombang output ketiga sistem inverter diatas bisa di gambarkan seperti diatas. sangat jelas terlihat perbedaan ketiga sistem inverter tersebut. gambar di bawah ini merupakan blok diagram Inverter Sinus Murni.
blok diagram Inverter Sinus Murni

pada blok diagram Inverter Sinus Murni diatas bisa dilihat bahwa inverter selain mengubah Baterai ke AC sinus murni juga berfungsi sebagai Charger Baterai ketika Listrik AC tersedia. begitu Listrik AC tidak tersedia, secara otomatis rangkaian akan berfungsi sebagai Inverter. sistem otomatis ini dideteksi oleh Microkontroler dan di kembalikan ke Relay untuk Memutus saluran AC.

jadi tugas mengisi Baterai dan mengubah ke AC sepenuhnya di proses oleh 4 buah Transistor pada Blok diagram diatas. perhatikan bahwa setiap Transistor memiliki Diode untuk menyearahkan sumber AC ke Baterai. dengan metode ini maka tidak dibtuhkan rangkaian Charger tersendiri. sehingga akan menghemat Cost Produksi.


Artikel Terkait

Referensi Rancangan Inverter Sinus Murni
4/ 5