Jenis jenis dan fungsi kapasitor

jenis jenis dan fungsi kapasitor bisa dikatakan beragam. dari ukuran terkecil hingga terbesar bisa kita temui pada berbagai peralatan elektronik. Kapasitor disebut juga dengan kondensator, istilah internasionalnya adalah Capasitor dan disingkat dengan C. konsep kapasitor pertama kali di temukan oleh bpk Ewald Georg von Kleist pada tahun 1745 saat beliau berusia 45 tahun. nama pertama kali kapasitor adalah kondensor.


setelah mengalami perkembangan teknologi hingga saat ini kapasitor telah mengalamai perkembangan dan berbagai perubahan bentuk. hingga saat ini kapasitor dapat kita temukan dalam desain dan bentuk yang sangat kecil, seperti yang banyak dipakai pada perangkat telepon genggam.

Ewald Georg von Kleist

Kapasitor dibentuk dari dua bahan plat konduktif yang ditengah-tengahnya diberi bahan Dielektrik. bahan dielektrik bisa berbeda-beda tergantung dari jenis jenis dan fungsi kapasitor yang ada.

bahan pembentuk kapasitor

Fungsi Kapasitor
fungsi kapasitor adalah sebagai penyimpan muatan listrik, dari fungsi dasar sebagai penyimpan muatan listrik ini kapasitor mempunyai kegunaan lain seperti menahan arus DC, melewatkan sinyal AC, Filtering, Penalaan frekuensi, kopeling antar rangkaian elektronik, dan pembangkitan gelombang (osilasi).

Jenis jenis Kapasitor dilihat dari bahan pembuatannya

kapasitor elektrolit atau bisa disebut Elco. merupakan kapasitor dengan bahan elektrolit. elco bisa kita temukan dengan ukuran terkecil 0.1 uF hingga ukuran besar sampai ribuan microfarad.

simbol elcojenis jenis elco

sifat-sifat Elco:
- dapat meledak jika over voltage maupun terbalik polaritas + dan  -.
- mudah mengalami kerusakan, biasanya nilai kapasitansi menurun, sehingga ESR naik

kapasitor Tantalum
tantalum adalah sejenis bahan yang langka, keras, biru keabu-abuan, dan sangat tahan korosi dan tahan api. sedang nama tantalum sebenarnya adalah tantalium.tantalum berasal dari kata tantalus, penjahat dari mitologi yunani.
tantalum kapasitor


kapasitor keramik
mengunakan bahan dielektrikum dari keramik. ukuran terkecil kapasitor keramik yang pernah saya temui adalah 0.35pf. kerusakan dari kapasitor ini sering menjadi bersifat Resistor. kapasitor keramik model terbaru adalah MLCC yang banyak dipakai pada perangkat elektronik terbaru.

kapasitor keramikMLCC


kapasitor mylar

kapasitor mylar


kapasitor variabel atau biasa disebut Varco (variabel ondensator). banyak dipakai pada rangkaian Radio Komunikasi. berfungsi untuk penala frekuensi pada Radio rumahan maupun Radio komunikasi.. Varco ada yang berbahan plastik maupun besi.

jenis jenis varco

kapasitor trimer, jika dalam resistor adalah trimpot. jadi hanya sekali setelan saja. biasanya untuk kalibrasi sistem. contoh penggunaan adalah untuk Osilator tetap.
simbol kapasitor trimertrimer

sementara ini cukup sekian ulasan mengenai Jenis jenis dan fungsi kapasitor. untuk mengetahui cara membaca kapasitor dan rumus-rumus kapasitor bisa dibuka pada tautan dibawah.

Artikel Terkait

Jenis jenis dan fungsi kapasitor
4/ 5