Jenis- jenis Kerusakan Televisi dan Solusinya

berikut kami ulas mengenai jenis-jenis kerusakan TV dan solusinya yang sering terjadi dan bagaimana mengatasi masalah tersebut. dimulai dari kerusakan pada Gambar atau layar TV yang bisa langung kita amati dengan mata telanjang dengan suara TV tetap ada. untuk kerusakan jenis yang lain misalnya mati total, lama menyala, atau yang lainya dipisah pada postingan sendiri.

layar TV bergaris Horisontal

kerusakan bagian Vertikal TVic vertikal tv LA78141

kerusakan terjadi pada bagian Vertikal. biasanya yang sering bermasalah adalah IC vertikal, IC ini kadang sudah dalam kondisi terbakar pada bagian permukaan, sehingga akan menutupi nomor seri. solusinya adalah dengan mengganti IC vertikal tersebut.

Layar TV menyempit agak Trapesium
kerusakan bagian vertikal tvgambar tv menyempit trapesium

kerusakan terjadi pada bagian Yoke (kumparan pembelok), ada salah satu kawat yang putus, kerusakan seperti ini sangat sering terjadi. penyebabnya karena pada bagian kawat yang putus tersebut lembab, berkarat hingga akhirnya putus. kawat yamg putus bisa pada bagian luar maupun dalam kumparan. solusinya bisa dengan menyambung kawat kembali. jika susah terpaksa diganti Defleksi Yokenya.

Layar TV bergaris-garis bagian atas


tv bergaris-garis bagian atasbagian vertikal tv


kerusakan terjadi pada Kapasitor Elektrolit atau elco atau kondensator pada bagian Vertikal. kapasitor mengalami kerusakan dengan nilai kapasitansi yang sudah drop sehingga ESR naik. dari bentuk fisik akan kelihatan seperti melembung pada bagian atas, dengan plastik pembungkus yang sudah menyusut kadang retak-retak. solusinya ganti elco2 bagian vertikal

Layar TV bergaris Vertikal


kerusakan bagian horisontal tvJenis- jenis Kerusakan pada Televisi CRT

kerusakan terjadi pada bagian Horisontal. biasanya C keramik Voltase besar terbakar, bisa juga karena kumparan Horisontal putus, akan tetapi jarang terjadi kumparan putus. solusinya ganti C high voltage tersebut

Gambar TV tidak Fokus atau Blur


gambar tv tidak fokus atau blursoket crt rusak

kerusakan terjadi pada bagian Fokus TV. biasanya pada bagian atau jalur fokus yang ada pada soket CRT. ini terjadi karena pada bagian soket RT tersebut lembab dan akhirnya berkarat. kemungkinan yang lain dari pengatur fokus di flybak. solusinya harus diganti soket CRT.

Warna TV tidak selaras

kerusakan yang terjadi pada bagian RGB amplifier, bisa juga pada Tabung TV atau CRTnya. ciri-irinya adalah salah satu warna pokok hilang. biasanya yang bermasalah adalah solderan Transistor RGB retak-retak. oba diamati dengan seksama menggunakan lampu yang terang. Solusinya disolder ulang

Gambar TV Jadi Hitam Putih


gambar tv jadi hitam putih, warna hilang

kerusakan terjadi pada bagian pengolah warna. biasanya pada crystal warna 4.43MHz, periksa juga kapasitor sekitar rystal tersebut.

Gambar Muncrat Muncrat, terkadang diikuti suara ceer...cerrr dan gambar sedikit gelap.


gambar tv mbleber

kerusakan terjadi pada Elco pada Power Supply, biasanya Elco untuk tegangan utama (Main Voltage) dengan tegangan tulisan pada Elco 160V. pada beberapa kasus juga bisa terjadi pada tegangan RGB 180V,  cek juga elco 10u/250V. solusi ya tinggal ganti saja Elconya

Gambar TV Bergaris-garis Putih memenuhi Layar

kerusakan terjadi pada Tegangan Screen yang berlebihan, coba kurangi tegangan screen tersebut dengan memutar knop flyback bagian bawah. bisa juga CRT sudah rusak. pada TV sony biasaya ada Rfuse yang putus dekat Flyback.

Hanya Ada Titik sinar ditengah layar TV

anda lupa memasang soket Defleksi Yoke...sangat jarang terjadi kerusakan ini

hampir semua Jenis- jenis Kerusakan Televisi dan Solusinya di atas pasti ditemui pada TV merek apapun, karena hampir tidak mungkin ada komponen yang abadi.

Artikel Terkait

Jenis- jenis Kerusakan Televisi dan Solusinya
4/ 5