IC (Integrated Circuit)

IC adalah rangkaian elektronik yang sudah terpadu menjadi satu keping yang mempunyai khusus. contoh IC audio, IC audio khusus menangani masalah pengolahan suara, IC audio masih dibagi bagi lagi menurut tugasnya. misal IC Audio Power yang bertugas sebagai penguat suara akhir yang langsung mendrive speaker. ada juga IC audio untuk penguat awal, misal untuk menguatkan sinyal Microphone. sementara masih ada IC audio untuk mengolah nada, yaitu nada rendah (Bass), nada tinggi (Treble), maupun nada menengah (Mid). itu baru beberpa IC audio, belum IC IC yang lain dan sub sub fungsinya. intinya IC adalah rangkaian elektronik terpadu. karena IC adalah rangkaian elektronik terpadu maka didalamnya terdapat berbagai komponen seperti transistor, resistor, dioda, bahkan kapasitor.

IC (Integrated Circuit)

IC tercanggih adalah IC processor pada sebuah komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone. IC ini berisi transistor dalam jumlah yang sangat banyak hingga jutaan transistor.sedangkan IC yang paling sederhana adalah IC untuk regulator tegangan seperti 7805, IC Op amp seperti 741, dll. karena fungsi yang berbeda beda maka bentuk fisik IC juga berbeda beda. ada yang kecil, sedang , hingga besar seperti IC untuk Processor komputer. untuk saat ini IC dibuat dengan lebih kecil lagi meskipun mempunyai fungsi yang sama dengan IC pendahulunya. pengecilan fisik ini bertujuan untuk penghematan daya, perbaikan versi sebelumnya, dan termasuk juga penghematan biaya pembuatan. sehingga harga bisa ditekan dengan kemampuan yang tidak berkurang, bahkan memiliki performa yang lebih baik.

IC (Integrated Circuit)

jauh sebelum IC ditemukan dan populer, semua rangkaian elektronik masih menggunakan transistor. komputer komputer pada masa itu masih berukuran besar-besar. apalagi sebelum ditemukan transistor, semua rangkaian elektronik menggunakan tabung hampa yang mempunyai ukuran jauh lebih besar daripada transistor. dan bisa dibayangkan sendiri berapa ukuran komputer masa itu. dengan ditemukannya IC ukuran komputer menjadi sangat kecil jika dibandingkan komputer generasi pertama.
.
macam macam dan jenis IC serta fungsinya

  • IC Linier. IC yang bekerja menggunakan tegangan yang linier. contoh adalah IC audio, IC Regulator, IC Video
  • IC TTL. adalah IC Logika untuk difungsikan khusus menangani masalah Logika atau aritmatika. IC ini membutuhkan tegangan 5V. contoh IC TTL dengan tipe SN7400. merupakan IC gerbang logika NAND Gate. IC TTL bekerja menggunakan 2 besaran 0V(logika 0) dan 5V(logika 1).
  • IC CMOS. sifat sama seperti TTL, termasuk IC logika juga. akan tetapi terbuat dari bahan metal oksida. mempunyai tegangan catu dari 0 - 15V. contoh CD40193, merupakan IC Binary Counter.
  • IC ASIC (Aplication Spesifik Integrated Circuit). sebuah IC yang dipesan khusus oleh sebuah perusahaan elektronik untuk menjalankan fungsi tertentu.
  • IC Mikroprocessor. banyak dipakai pada komputer, laptop, tablet dan smartphone
  • IC Mikrokontroler. IC yang masih kosong, tidak bisa melakukan apa apa, kecuali telah dimasukkan sebuah program kepadanya.
  • IC FPGA. sama seperti Mikrokontroler akan tetapi mempunyai kecepatan dan ketepatan yang jauh lebih baik dari mikrokontroler. akan tetapi harga mahal, biasanya untuk aplikasi yang benar benar membutuhkan kecermatan tinggi.
  • IC Memory. difungsikan khusus untuk menyimpan data.
akhir akhir ini IC Mikrokontroler begitu populer, apalagi setelah perusahaan dari italy memproduksi Arduino. Arduino adalah sebuah Mikrokontroler yang sudah tersolder ke PCB dengan beberapa Pin Input/Output yang siap digunakan. Arduino lebih cocok untuk media pembelajaran Mikrokontroler untuk pemula, untuk memproduksi suatu produk menggunakan Arduino kurang cocok. karena Arduino mempunyai board yang belum tentu di sukai perancang. akan lebih baik menggunakan IC Mikrokontroler langsung.

bahan bahan pembentuk atau penyusun IC
bahan utama IC adalah semikonduktor. sedang semikonduktor sendiri adalah bahan setengah penghantar listrik yang dibuat khusus untuk komponen elektronik seperti IC, transistor, maupun Diode. semikonduktor yang telah dibentuk menjadi IC kemudian di tutup atau di bungkus dengan palstik hitam tahan panas. dan sambungan sambungan jalurnya dihubungkan ke kawat kawat yang menjadi kaki atau pin dari IC. 


Garis besar pembuatan IC
pola pola rangkaian elektronik di gambarkan ke sebuah film. kemudian dengan proses photolytographi gambar pola di proyeksikan sedemikian rupa ke lempengan silikon, sehingga kepingan silikon membentuk pola sesuai pada film. proses selanjutnya adalah menambahkan bahan bahan lain sehingga terbentuk sirkuit elektronik yang sangat kecil. kemudian dilakukan penyambungan (bounding) dari jalur jalur rangkaian ke kaki luar IC.

Artikel Terkait

IC (Integrated Circuit)
4/ 5