merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave

punya inverter modified sine wave? dan ingin mengubahnya menjadi inverter pure sine wave. untuk itu ikuti ulasan kami bagaiman cara merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave dengan mudah melalui blog http://hobyfauzi.tk ini. sebagaimana kita tahu bahwa inverter yang belum pure sine wave tidak disarankan untuk menjalankan beban motorik seperti pompa air, bor listrik, kulkas, ac dll. dan jika dipaksakan akan terjadi gangguan yang dapat memperpendek usia alat.


untuk merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave kita membutuhka sebuah modul SPWM (Sinusoidal Pulse Width Modulation). modul ini berisi IC SPWM generator EG8010, Driver mosfet IR2110, dan sebuah Op amp. modul SPWM ini bisa anda dapatkan di toko online lokal dengan harga Rp150.000,-. jika anda beli di toko online luar sekitar Rp75.000,-. akan tetapi anda harus menanggung ongkir yang tinggi dan waktu pengiriman yang lama. jadi sebaiknya pilih saja yang lokal.

kebetulan ada sebuah Inverter TBE 1200W modified sine wave. ini bisa menjadi kelinci percobaan. lalu apa yang harus dilakukan dengan inverter yang lama yang akan di modifikasi. apakah harus dirombak total atau hanya sebagian. tidak sampai demikian kali, cukup kita lepas beberapa part saja, PCB tetap utuh, untuk itu berikut ini persiapan persiapan sebelum merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave kita lakukan.

modifikasi inverter tbe
modifikasi inverter TBE
modifikasi inverter TBE
skema inverter TBE
modifikasi inverter TBE
  1. lepas Optocoupler. dengan melapas optocoupler ini berarti kita sudah memutus hubungan Mosfet dengan driver PWM sebelumnya
  2. lepas resistor. dengan melapas resistor ini berarti kita sudah memutus hubungan Mosfet dengan driver PWM sebelumnya juga. 
  3. lepas 4 buah diode. dengan melepas ke 4 diode ini kita sudah tidak memfungsikan lagi driver PWM aslinya dengan IC TL494.
  4. pasang resitor dan diode 4148 yg di pararel, kemudian dihubungkan ke Gate Mosfet IRF840. pasang juga R 10K ke Gate dan Sourch Mosfet.
  5. tambahkan filter LC dioutput. lihat skema
  6. tambahkan rangkaian VFB. lihat skema
  7. pasang modul SPWM EG8010. untuk cara mudahnya tinggal cocokan skema diatas dengan modul SPWM.
  8.  merubah jalur kipas
jika semua sudah di lakukan langkah selanjutnya adalah mencoba langsung, hubungkan output inverter pada sebuah beban kipas angin, Motor AC, atau beban motorik lain. hubungkan inverter dengan aki 60 - 100 ampere. dan nyalakan Inverter, amati beban. jika tidak ada masalah maka selamat! anda sudah bisa merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave dengan baik dan benar.

mudah sekali bukan cara merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave ini. lalu bagaimana jika inverter yang akan kita modifikasi mempunyai daya yang lebih besar ataupun daya yang lebih kecil? caranya ya sama saja. mau watt kecil ataupun besar intinya adalah memutus hubungan Mosfet daya dengan sinyal PWM bawaan. dan modul SPWM tetap menggunakan modul yang sama.

Artikel Terkait

merubah inverter modified sine wave ke pure sine wave
4/ 5

1 komentar:

5 Agustus 2017 pukul 19.22 delete

Cara menghubungkan modulnya yang belum tau

Reply
avatar