penyebab hp Android jadi mati total dan cara mengatasinya

mengapa hp, ponsel, atau smartphone Android anda bisa mati total? tentu jawabannya bisa bermacam-macam tergantung dari sebab musababnya. kerusakan mati total ada yang bisa diperbaiki dengan cara yang sangat mudah, mudah, agak susah, susah, dan sangat susah. pada postingan ini akan saya bagi tips-tips cara mengatasi hp Android mati total alias matot dengan penyebab yang ringan-ringan saja supaya yang awampun bisa mencoba mengatasi sendiri kerusakan hp mati  total.

dengan menguasai trik-trik ringan mengatasi kerusakan hp mati total ini tentu akan menambah pengetahuan mengapa sebuah ponsel bisa mengalami mati total. lalu kira-kira peralatan apa saja yang diperlukan untuk  keperluan diatas? kita nggak akan menggunakan alat yang aneh, canggih, ataupun mahal.

Berikut peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan ringan pada hp Android atau ponsel
  • obeng set. bisa dibeli di toko elektronik atau sparepart hp
  • cutton bud. bisa dibeli diwarung terdekat di kota anda
  • cairan tiner. bisa dibeli di toko besi 
  • spon pengganjal. bisa dibeli di toko elektronik

Berikut penyebab hp Android mati total dan cara mengatasinya

  • Baterai kendor. kerusakan jenis ini dikarenakan usia ponsel yang sudah lama terpakai. solusinya pertamanya coba untuk dikasih spon pengganjal. ada spon khusus untuk mengganjal Baterai ini.
  • Konektor Baterai kotor. kerusakan ini terjadi pada ponsel yang sudah lama terpakai. solusinya bisa diatasi dengan membersihkan bagian konektor baterai menggunakan cottonbud yang sudah diberi sedikit tiner. gosok-gosokan pada konektor baterai sampai kotoran terserap cottonbud.
  • Baterai sudah lemah. baterai yang sudah terlalu lemah akan membuatponsel sering mati sendiri. ciri-ciri baterai ponsel yang sudah lemah adalah dicharge cepat sekali penuh an cepat sekali habis, sampai tak sadar ponsel akan shutdown sendiri.
  • Baterai kosong. baterai yang terlalu kosong di bawah ambang pengisian (-/+2.8V) maka ketika di charge akan membutuhkan waktu yang lama sampai ambang tercapai. selama itu ponsel tidak mau merespon. respon terjadi secara internal di mesin ponsel dan manusia tidak bisa merasakannya. makanya orang lalu menganggap ponselnya mati total. ini kasus yang sering sekali terjadi. solusinya ya tunggu sampai ambang charger tercapai dan ponsel bangun dari tidurnya. kalau mau lebih cepat bisa mengejut baterai menggunakan Power Supply. tentunya ini tidak bisa dilakukan oleh orang awam. 

berikut ini jenis dan penyebab lain hp mati total yang tidak bisa ditangani oleh orang awam. jadi untuk mengatasinya harus ditangani oleh orang yang sebelumnya telah belajar atau mengikuti pelatihan teknisi hp dengan sungguh-sungguh.
  • Tombol power on/off rusak
  • IC Power rusak
  • IC CPU rusak
  • IC Memory rusak

itulah penyebab hp Android mati total secara umum yang sering ditemui. bisa dikatakan 1 kerusakan bisa diakibatkan banyak faktor. alias jika kita salah menganalisa bisa jadi malah tambah rusak. untuk itu penguasaan dasar listrik dan elektronika sangat penting.

Artikel Terkait

penyebab hp Android jadi mati total dan cara mengatasinya
4/ 5

1 komentar: