Memanfaatkan aki bekas motor untuk bikin lampu emergency led

Aki motor supra x 125cc ini hampir 9 tahun nempel di motor dengan baiknya. Setelah itu sudah tidak bisa starter lagi. Hebat banget yah bisa 8 tahunan lamanya menemani. Akan tetapi aki ini masih sangat bertenaga untuk nyalain lampu Led.

Akhirnya aki inipun dari pada menganggur aku mafaatkan untuk membikin lampu emergency. Lumayan bisa untuk penerangan di kala PLN padam.

Untuk lampunya saya gunakan lampu Led rumahan bekas yang sudah rusak. Ada 1 led yang rusak. Aku lepasi Led dan bikin PCB baru untuk Led tersebut dan dipasang pararel.

Gunakan skema lampu emergency diatas. Tambahkan IC LM7805 untuk stabilizer tegangan, supaya lampu menyala stabil terangnya meskipun nantinya aki akan turun tegangan hingga 6V.

Sedangkan untuk pengisian aki bisa menggunakan rangkaian charger aki motor yang bisa di buat sangat sederhana menggunakan rangkaian cas aki motor sederhana ini.

Buatkan kotak untuk lampu emergenci ini menggunakan barang2 bekas pakai. Intinya semua dari barang bekas. Kalaupun beli, itu yang bukan pokok.

Sangat banyak limbah-limbah elektronik yang bisa kita manfaatkan saat ini. Lampu2 led rumah, aki motor atau mobil yang sudah tidak bisa starter, baterai baterai 3.7V jenis 16850, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Memanfaatkan aki bekas motor untuk bikin lampu emergency led
4/ 5

1 komentar:

1 Januari 2018 pukul 11.43 delete

Heibaath, Oom ..
Semuanya daur ulang dari barang bekas pakai yang masih berlaku bisa dimanfaatkan.

Selamat berkarya, dan terimakasih atas InfoShare nya yang sangat bermanfaat.

Salam dari OrangKampung di Pedalaman hutan Kalimantan Tengah.

Reply
avatar