Service laptop lenovo ThinkPad Edge mati total

Datang sebuah laptop Lenovo ThinkPad Edge dengan keluhan mati total tak bisa di charge. Indikator charge juga tidak menyala.

Mengatasi laptop mati total tidak bisa cas

Langkah pertama adalah cek tegangan charger 20V, tegangan normal baik2 saja

Langkah berikutnya cek tegangan baterai ternyata kosong mlompong ga ada nilai tegangan sama sekali.

Cara mengatasi laptop lenovo mati total

Langkah berikutnya adalah injek baterai laptop atau kejut baterai laptop menggunakan power supply. Baterai mau dikejut dengan tanda jarum amper mau gerak dan mengisi baterai.

Lankah selanjutnya pasang kembali baterai dan coba nyalakan laptop. Laptop dapat menyala sampai bios langsung matu lagi. Ya iyalah, kan baterai  cuma di kejut. Sehingga langsung habis. Yang penting laptop mau nyala bentar itu sudah seneng.

Langkah selanjutnya adalah melakukan kejut ulang hingga beberapa waktu supaya baterai agak berisi.

Setelah itu pasang kembali baterai tapi jangan langsung dinyalakan. Tetapi coba colokin chargernya. Apakah mau bereaksi

LED indikator Lenovo ThinkPad tetep tidak mau menyala. Langsung saja tekan Power on, akhirnya bisa menyala sampai dekstop windows.

Dengan ini kita jadi tahu bahwa Lenovo ThinkPad mati total indikator tidak menyala ini karena kehabisan baterai. Dan tidak dapat di charger.

Langkah selanjutnya untuk mengatasi lenovo thinkpad mati total ini adalah membongkar laptopnya dan menelusuri jalur chargernya.

Skema jalur charger lenovo thinkpad

Ukur tegangan jalur charger laptop lenovo thinkpad ini, apakah ada tegagan 20v. Dan ternyata dari hasil pengukuran tidak terukur. Jelas sudah yang bermasalah jalur chargernya. Ditemukan konektor charger lenovo thinkpad gosong.

Solusi jumper jalur charger lenovo thinkpad edge

Jalur charger lenovo thinkpad edge

Atasi leptop lenovo thinkpad denga cara seperti di atas. Kita tidak usah pakai lagi konektornya. Jadi langsung di solder saja. Dan cara ini malah lebih kuat dan bagus.

Service laptop lenovo mati total

Akhirnya laptop lenovo thinkpad edge mati total indikator charger tidak menyala inipun sudah menyala kembali dengan normal.

Artikel Terkait

Service laptop lenovo ThinkPad Edge mati total
4/ 5

2 komentar