pengalaman memasang cctv online pertama kali

bagi kalangan awam CCTV adalah barang yang asing, canggih, dan mahal. tidak mungkin bisa memasangnya sendiri. dan merasa tidak perlu untuk memasangnya dirumah, memang apa yang mau diawasi. mereka yakin keamanan rumah terjamin tanpa cctv. dan sejatinya cctv selain sebagai alat keamanan. tapi juga lebih kepada alat bukti tindak kejahatan. dengan diputarnya cctv maka bukti nyata bisa dihadirkan dan tidak bisa mengelak, keculai pelaku menggunakan cadar. orang yang mau berniat jahat bisa juga mengurungkan niat jahatnya jika tempat yang mau di jahati ada cctv.

saat ini cctv bisa dengan mudah kita beli, paling enak beli satu paket cctv tinggal pasang. banyak toko-toko cctv menawarkan paket cctv dengan harga paling murah sampai mahal. semakin banyak titik yang mau diawasi pakai cctv maka biaya akan semakin mahal. banyak juga produsen yang berlomba lomba memproduksi perangkat cctv dengan berbagai merek. lalu bagaimana kinerja paket cctv dengan harga yang terjangkau. berikut akan kita kupas kinerja cctv ini.

dalam contoh kali ini saya akan membahas 1 paket cctv dengan harga 1.5 jutaan yang bisa dengan mudah kita order ke Tokopedia. paket cctv tersebut adalah sebagai berikut

  1. 1 buah DVR 8 chanel + adaptornya dengan merek EHD model EDS-1108. DVR ini sudah berisi Harddisk 320Gb. tentunya ukuran ini sudah cukup untuk merekam sepanjang hari dengan format H.264. sebuah format video dengan ukuran file kecil namun dengan hasil video yang cukup bagus. DVR EHD model EDS-1108 ini enaknya sudah mendukung penggunaan Modem USB 3G. jadi untuk mengonlinekan CCTV menjadi begitu simpel. setingnya pun juga sangat mudah.
  2. 2 buah Kamera Outdoor dengan merek SPC. kamera ini dipesan khusus oleh PT.Supertone. kedalaman pixel tertulis 2MP (mega pixel). saat malam hari maka dengan otomatis masuk mode night view dengan mengaktifkan Led Infra merahnya. sehingga gambar tetap akan terlihat dalam mode hitam putih. hasil gambar kamera ini terbilang cukup untuk pengguna cctv rumah tangga. mampu menghadirkan warna yang alami saat pagi sampai sore hari.
  3. 2 buah kamera Indoor dengan model Dome kamera, atau kamera bulat. sekilas gambar yang dihasilkan lebih tajam dibanding yang outdoor. 
  4. 4 buah adaptor 12V 2A untuk mensuplay arus ke 4 buah kamera SPC indoor dan outdor.
  5. 4 buah kabel jadi tinggal colok ke kamera dan DVR dengan panjang 20 meter. untuk pemula sangat cocok karena tidak perlu capek memotong motong dan meyolder kabel.
untuk Display Monitor bisa kita pakai Monitor komputer, TV, bahkan bisa memakai TV CRT jadul untuk melihat hasil CCTV. 1 paket CCTV ini di order di tokopedia. dibutuhkann  waktu 3 hari paket cctv ini sampai kerumah dengan paket J&T. pengiriman dengan agen lain bisa berbeda, akan tetapi J&T memberikan informasi update barang kiriman dengan detail, berbeda dengan jasa pengiriman lain.

setelah 1 paket di terima tidak sabarnya segera di buka dan di pasang. sengaja menggunakan 2 kamera dulu. 1 indoor 1 outdoor. 2 kamera ini sengaja dipasang pada lokasi yang berdekatan untuk membandingkan hasil video. terlihat untuk kamera cctv indoor lebih tajam kulitas gambarnya. untuk display saya memakai monitor komputer dengan koneksi VGA.

pada awalnya saya bingung cara seting online CCTV supaya bisa terlihat di ponsel android. mencari informasi di google malah membuat kepalaku semakin pening karena banyak memberikan cara-cara yang berbeda tiap tiap web yang ada. sempat saya tanyakan maslah ini ke toko penyedia CCTV akan tetapi jawabanya tidak memuaskan. 

saya berpikir CCTV ini harus bisa diseting dengan cara yang mudah gak pakai ribet seperti pada informasi yang tersebar di internet. saat melihat ada 2 colokan USB di DVR saya berpikir mungkin DVR ini bisa dionlinekan cukup menggunakan USB Modem, bukan memakai sistem jaringan yang banyak di ulas.apalgi di main menu DVR ada setingan 3G. ini sangat memperkuat asumsi saya. sayapun segera ambil Modem USB dan melakukan setingan kecil yang tersedia, akan tetapi hasil Nol. kata produsen tidak bisa pakai modem USB. tapi saya tetap bersikukuh bahwa DVR ini support Modem USB dengan jaringan GSM.

dan ternyata benar saja, DVR ini bisa pakai Modem USB dari operator GSM. saya tahu ini setelah membuka DVD bonusnya yang berisi petunjuk dan software CCTV. saya ikuti pelan-pelan petunjuk itu dan hasilnya waoo bisa di lihat di Smartphone Android, dengan setingan yang sangat sederhana saja tanpa IP dan kawan2nnya. untuk CCTV online dengan modem USB ini saya menggunakan kartu Indosat IM3 oreedo.

untuk detail pemasangan dan seting CCTV online bisa kamu buka di postingan Cara seting CCTV online dengan Android.

Artikel Terkait

pengalaman memasang cctv online pertama kali
4/ 5