CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA

Power Supply ini sangat Populer dikalangan teknisi Handphone. di jual dengan harga yang sangat terjangkau, di Toko Asesoris Handphone Jogja bahkan ada yang menjual dengan harga Rp99.000,00. itu untuk yang model kecil warna hitam. untuk model sedang dengan warna kekuningan dipatok dengan harga Rp150.000,00. untuk yang Digital dijual dengan harga diatas Rp250.000,00. akan tetapi belum tentu semua menyukai model Digital, beberapa rekan merasa kesulitan membaca dalam skala Digital. padahal bukan skala lagi. tapi sudah langsung terbaca. CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA sebenarnya sangat mudah, dengan catatan anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan tegangan dan Arus. jika anda belum mengerti apa itu tegangan dan apa itu Arus bisa membaca pada postingan Listrik Dasar.

Power Supply ini juga memiliki rangkaian Proteksi, sehingga jika terjadi konsleting akan memprotek dengan ditandai berubahnya warna lampu Led indikator. setelah protek kita harus menghidupkan secara manual, dengan cara mematikan dan menghidupkannya lagi. akan tetapi pada beberapa produk sudah dilengkapi Proteksi otomatis. jika anda pemula mungkin akan menganggap Power Supply bermasalah. padahal tidak demikian. akan tetapi Power Supply ini juga bisa dibuat proteksi otomatis, bahkan bisa diberi proteksi tegangan berlebih. proteksi tegangan berlebih sangat penting bagi Sobat yang sering merepair Smartphone. bahaya sekali jika secara tidak sadar posisi tegangan power Supply pada posisi diatas 4.2 Volt. bisa-bisa Smartphone yang kita kerjakan terbakar.

CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA


Power Supply ini menggunakan IC LM723 sebagai regulator Tegangannya. untuk penguat Arus meggunakan Transistor 2N3055 yang sangat fenomenal itu. sedangkan trafo atau Transformatornya tidak terdapat angka yang jelas berapa nilai Ampere. akan tetapi ini tidak menjadi masalah. karena secara praktek sudah cukup untuk menyalakan ponsel. yang sedikit mengurangi kenyamanan dalam memaki Power Supply ini adalah proteksinya terlalu peka, akan tetapi kita bisa mendisable fungsi ini. sehingga jika tindakan diperlukan tidak lagi merasa jengkel. Power Supply jenis ini termasuk Power Supply yang Bandel Gan. beda sama SMPS yang rata-rata tidak bisa berumur panjang.

CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA 
yang pertama akan kita baca adalah Skala Tegangan (V), skala tegangan pada Power Supply ini mempunyai Step atau langkah 500mV atau 0.5V pada tiap-tiap garis yang digambarkan pada Voltmeter ini. sehingga dengan sangat mudah kita dapat mengatur pada posisi berapapun yang di inginkan, selama dalam rentang maksimal 15Volt. cukup mudah bukan......

CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA

sekarang sebagai uji coba, coba anda putar Pengatur Voltase sampai pada posisi tegangan pas 4.0Volt. lalu sentuhkan colokan kabel merah dan hitam dan amati jarum Volmeter dan jarum Ampere meter seara seksama. jarum Ampere meter akan bergerak sangat epat sampai penuh, kemudian Jarum Ampere meter akan turun kembali ke 0. diikuti dengan jarum voltmeter yang ikut turun juga. inilah kejadian yang disebut dengan proteksi, jika tidak diproteksi seperti ini maka power Supply akan terbakar.  untuk menghidupkan lagi silahkan dimatikan kemudian dihidupkan lagi.

kondisi proteksi juga akan terjadi jika anda memasang kabel ini terbalik, misal pada saat mau menghubungkan kabel ini ke Ponsel. disamping itu jika Ponsel dalam kondisi kerusakan tertentu akan dapt menimbulkan kondisi Protek juga. biasanya Ponsel mengalami Full Short. jika mengalami setengah Short kemungkinan tidak terjadi Protek. dan akan timbul panas pada komponen Ponsel yang konslet. biasanya IC Power, IC PA, IC Driver Led, maupun kapasitor.

pembacaan yang kedua adalah Skala Ampere Meter (A). skala Ampere Meter pada Power Supply ini mempunyai Step atau langkah 20mA atau 0.02A pada tiap-tiap garis yang digambarkan pada Ampere Meter ini. sehingga dengan sangat mudah kita dapat melihat berapa konsumsi Arus yang diserap oleh Perangkat yang kita hubungkan dengan Power Supply ini. akan tetapi Sobat jangan heran, yang namanya mengkonsumsi sesuatu itu tidaklah selalu stabil, kalu dirasa ukup ya dibatasi. begitu juga dalam pembaaan Arus pada semua Ampere meter. jarum Ampere akan bergerak-gerak naik turun. naik turunnya Apere menunjukan konsumsi Arus yang diserap. misalnya Ponsel dalam kondisi Standby dan melakukan panggilan pasti akan memliki perbedaan yang sangat mencolok. saat melakukan panggilan konsumsi Arus akan Naik drastis. ini dikarenakan IC PA sedang bekerja mengirim signal ke BTS.

CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA

sebagai bahan uji coba silahkan mengamati kebutuhan konsumsi Arus pada Ponsel Sobat, jika merasa sayang dan khawatir takut kalu Ponsel malah jadi rusak bisa  Sobat memakai ponsel lain yang mungkin sudah jadul dan tak terpakai. akan tetapi gak usah khawatir. menganalisa kebutuhan arus pada Ponsel ini tidak akan merusak Ponsel, kecuali anda memutar pengatur tegangan melebihi 4.2Volt. bandingkan untuk masing-masing kondisi sebagai berikut

1. Ponsel Standby
2. Ponsel Start Up
3. Ponsel Booting
4. Ponsel Searching jaringan di awal
5. Ponsel melakukan Panggilan
6. Ponsel Stanby atau Sleep Mode

kemudian catat hasilnya untuk tiap-tiap Mode diatas. setelah kita terbiasa melakukan hal ini, secara otomatis akan memahami sepenuhnya bagaimana menggunakan dan membaca Skala Power Supply.

demikian Sobat sedkit info mengenai CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

CARA MEMBACA SKALA POWER SUPPLY 15V 1000mA
4/ 5

2 komentar

Anonim
2 Januari 2017 pukul 17.01 delete

punya power supply seperti ini. Tiap kali dinyalakan tegangannya langsung loncat melebihi 15V dan alarmnya bunyi, kira2 apanya yg rusak ya? terima kasih

Reply
avatar
3 Januari 2017 pukul 19.26 delete

kemungkinan yang rusak adalah Potensio pengatur voltase
kemungkinan kedua adalah transistor penguat arus dengan nomer seri 2N3055. cek kedua komponen tersebut

Reply
avatar