Rangkaian Lampu Led

Rangkaian lampu Led terdiri dari Rangkaian Led Seri, Rangkaian Led Pararel, dan Rangkaian Led Seri Pararel. ketiganya mempunyai perlakuan yang berbeda dalam Penyalaannya. Rangkaian Seri jelas membutuhkan tegangan yang lebih besar, rangkaian Pararel membutuhkan tegangan yang kecil, sedang Rangkaian Led Seri Pararel sifatnya hampir sama dengan Rangkaian seri dalam memberikan tegangan kerja.

Rangkaian Led Seri pada kasus tertentu membutuhkan rangkaian tambahan Step-Up Converter, atau Boost-Converter. fungsi dari Boost Converter ini untuk menaikkan tegangan kerja jika Rangkaian Led Seri akan dinyalakan dengan Baterai dengan tegangan 3.7Volt. jika tanpa Boost Converter dan tetap ingin menyalakan Rangkaian Led Seri bisa dengan membangun beberapa Baterai yang di pasang seara Seri pula. sehingga didapat tegangan yang merupakan penjumlahan dari masing-masing Baterai.

Rangkaian Led Pararel tidak memerlukan Boost Converter, bisa langsung dinyalakan dari Baterai dengan Tegangan 3.7Volt. tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri, bisa lebih hemat anggaran. akan tetapi dari segi Efisiensi masih perlu dipertanyakan. apakah dengan cara seperti itu bisa menghemat Energi. bisa saja kita ukur Arus konsumsinya, dengan membandingkan keduanya. akan tetapi jika selish itu dengan prosentasi yang sedikit bisa diabaikan dan dianggap sama. tapi gak tau juga jika interval waktu ditambahkan untuk kedua sistem diatas.

Rangkaian lampu Led Seri
Rangkaian Lampu Led

Rangkaian Lampu Led Pararel
Rangkaian Lampu Led

Rangkaian Lampu Led Seri Pararel


Rangkaian Lampu Led

Rangkaian Driver Lampu Led
rangkaian ini diperlukan dalam kondisi tertentu, seperti pembahasan diatas. Lampu Led Rumah kebanyakan menggunakan Driver berupa Buck Converter, sementara jika kita hendak menyalakan Rangkaian Led Seri bisa juga menggunakan Led Driver ataupun tidak. jika memakai Baterai dengan tegangan 3.7Volt tentunya harus memakai Driver Step-Up?Boost-Up Converter.

Contoh Beberapa Driver Lampu Led:


PL LED Driver untuk lampu led 3 watt s/d 5 watt


Rangkaian Lampu Led

led driver ini di pakai pada ceiling led model downlight yg ukuran 3watt s/d 5 watt ( maksimal ).
Keterangan : apabila di pasang di bawah 3 watt dan di atas 5 watt maka lampu led akan kedip2 ( tidak cocok ).

Input : 220 volt AC
Output : 9 volt DC s/d 18 volt DC
Temperature : 50 derajat celcius ( maksimal )
Frekuensi : 50/60 Hz.

Kabel output : warna merah untuk ke lampu led ( + DC ) dan kabel hitam ( - DC ).
Kabel input : 2 kabel biru & coklat ke listrik 220v AC.

LED DRIVER DC to DC sampai 35Volt

Rangkaian Lampu Led

modul ini menggunakan IC XL6009. dengan input tegangan dari Baterai 18650 (3,7V) dapat mengeluarkan output sampai 45Volt, akan tetapi dengan konskwensi Arus akan mengecil.

keunggulan dari Modul ini adalah bisa diatur kecerahan Led menggunakan Trimpot yang jadi satu Modul. 



Artikel Terkait

Rangkaian Lampu Led
4/ 5