CARA MEMBUAT POWER BANK

Membuat Power Bank sendiri rasanya lebih memuaskan, kita bisa memilih sendiri komponen yang kita inginkan. dari mulai Casing, Baterai, dan Modul USB. atau kalu ingin lebih menghemat bisa memakai Baterai Laptop yang sudah tidak terpakai, bahkan dari Power Bank sendiri yang sudah rusak,akan tetapi Baterai masih bagus. CARA MEMBUAT POWER BANK sendiri  tidaklah sulit, ya karena rangkaiannya sederhana saja, bahkan bisa kilat dan tanpa solder menyolder.  yang lama itu justru memilih model Casing. kita akan dibingungkan dengan berbagai model dan harga. biasanya kalau kita order Casing Power Bank sudah disertakan USB modulnya. dengan kata lain tinggal mencari Baterai. memasangkan baterai juga sangat mudah seperti memasang Baterai pada umumnya. Power Bank beli jadi biasanya Baterai di solder langsung dengan Kabel.

"kenapa juga harus membuat Power bank sendiri Gan?  beli aja banyak tinggal pakai. gitu aja kok repot". itulah kata-kata yang terucap dari seorang teman kita yang sedang kelebihan Duit. atau kata-kata yang terucap dari seorang pedangang gadget. bagi seorang yang hobi elektronika, atau setidaknya menyukai Gadget Komunikasi tentunya tertarik untuk mencoba membuat sendiri Power Bank. akan tetapi mencari informasi di Dunia nyata bagaimana membuat Power Bank sangatlah susah. beruntung sobat bertemu Blog ini. dimana dalam Blog ini 85% sudah di Praktekan langsung.  

CARA MEMBUAT POWER BANK


Alat bantu yang harus disediakan adalah Multitester, Power Supply, dan Load Tester. Multitester berguna untuk mengukur Voltase Baterai. Power Supply berguna untuk kejut Baterai jika baterai Power Bank yang akan kita pakai dalam kondisi Full Drop. meskipun Baterai yang akan kita pakai baru dari toko, tidak menjamin Baterai dalam kondisi terisi. apalagi kalu kita memakai Baterai dari bekas Baterai Laptop atau Power Bank lain ,sedangkan Load tester berfungsi untuk mengukur kekuatan Baterai, apakah sudah Loyo atau masih Perkasa. pada dasarnya Load Tester ini sebuah pengukur Arus yang di gabung dengan sebuah beban buatan. Load tester ini kita rakit sendiri. bagaiman merakitnya anda bisa membaca Postingan tentang CARA MEMBUAT LOAD TESTER BATERAI.

ada beberapa CARA MEMBUAT POWER BANK sendiri, dalam Proyek ini akan kita kupas beberapa cara yang pernah saya coba. dari mulai Power Bank asal-asalan alias asal jadi, Power Bank Gaul, Power Bank barang Bekas, bahkan sampai Power Bank yang menggunakan Aki Motor. mau bikin dari Aki Mobil gak kuat bawanya Gan. he...

Baiklah Sob.....langsung saja kita Praktekan CARA MEMBUAT POWER BANK sendiri, dari yang asal-asalan sampai yang sedikit membutuhkan keseriusan. untuk yang pertama kita akan membuat Power Bank asal-asalan tanpa menggunakan Modul Step-Up dan tanpa Modul Charging. betul-betul memanfaatkan situasi yang ada alias Low Cost. alias gak punya Duit. he......bahkan gak keluar Duit jika kita memanfaatkan barang bekas yang telah rusak tak terpakai.
Berikut Skema Power Bank asal jadi, asal murah alias Power Bank Sederhana

CARA MEMBUAT POWER BANK


Power Bank asal-asalan diatas mempunyai Efisiensi yang rendah. artinya banyak Energi yang terbuang percuma. Energi yang terbuang percuma akan berubah menjadi panas. panas ini timbul di IC 7805. jika panas melebihi ambang akan membuat 7805 ngambek. ga mau kerja. sehingga pengisian akan terganggu. untuk mengatasi bisa anda gunakan pendigin untuk 7805. akan tetapi dengan dipasangnya pendigin akan terjadi efisiensi. pendigin hanya mencegah IC 7805 ngambek karena Over heat. rangkaian ini lebih cook digunakan untuk harger HP biasa, tidak ook untuk mencharger Smartphone.

Berikutnya adalah rangkaian Power Bank yang sedikit lebih serius, artinya sudah memikirkan Efisiensi. bukan Power Bank asal jadi seperti diatas. Efisiensi menjadi begitu penting ketika kita menyinggung masalah Energi. Power Bank ini sudah menggunakan Modul Step-Up, sehingga baterai tidak perlu di Seri. dengan tegangan 3.7 Volt modul ini akan memboost-up menjadi 5Volt. azas kerajnya menggunakan Boost-Converter. untuk Unit Chargernya ukup menggunakan sebuah Diode...yah...hanya sebuah Diode. fungsi Diode disini untuk menurunkan tegangan Charger dari 5Volt ke sekitar 4.3Volt. tidak perlu takut baterai akan melembung atau rusak. setelah Charger penuh maka arus sudah tidak mengalir lagi. jadi apa yang mau di khawatirkan.


CARA MEMBUAT POWER BANK


Selanjutnya merupakan Power Bank sungguhan, dibuat dengan memikirkan Penampilan. kata orang biar gaul, menenteng Power Bank kesana-kemari. he....  cara ini adalah cara tercepat membuat Power Bank, karena benar-benar tidak membutuhkan Solder-menyolder. yang lama hanyalah memperoleh Bahan Baku, entah itu anda beli secara Online maupun Offline. Power Bank ini sudah menggunakan Modeul yang memang untuk Power Bank. rangkaian Chargernya sudah sesuai aturan yang lebih aman. bahkan ada indikator LED untuk mengetahui apakah proses hargernya sudah penuh atau belum. carilah model DIY Power Bank ini sesuai kemampuan Agan.....karena tersedia beberapa pilihan bentuk, kapasitas, maupun harga. beberapa juga tersedia dengan penampil LCD.
POWER BANK TINGGAL RAKIT

CARA MEMBUAT POWER BANK


berikutnya adalah CARA MEMBUAT POWER BANK dengan sumber listrik utama dari AKI Motor. wah...berat ya kalau pake Aki motor. Power bank ini sangat cocok untuk yang suka bepergian jauh dengan interval waktu yang lama, misalnya seorang petualang yang sangat membutuhkan koneksi Internet, belum lagi untuk aktivitas Photografi, dan melakukan panggilan ataupun menerima panggilan. tentu Arus yang diserap akan banyak. karena menggunakan Aki bisa juga Rangkaian Power Bank ini di pasang di Motor. jadi selam perjalanan Smartphone bisa di charge.

CARA MEMBUAT POWER BANK DARI AKI MOTOR
karena tegangan Aki Motor 12Volt, maka kita memerlukan Buck-Converter. kita pilih saja dari modul yang siap pakai, dengan komponen utama IC LM2596. akan tetapi jika Sobat ingin merakit sendiri bisa melihat skema di bawah. harga beli jadi dan merakit sendiri bisa dibilang tidak terpaut jauh, jika waktu menjadi alasan utama sebaiknya mebeli jadi saja. anda juga akan kesulitan jika merakit sendiri, karena komponen Induktor belum tentu ada di setiap Toko Elektronik. menurut datasheet modul ini sanggup dibebani dengan Arus 3A. jadi untuk melakukan pengisian pada Smartphone sangat memadai. jika kita memakai IC 7805 akan sangat panas. dan ujung-ujungnya IC ngambek. kalu ditambahkan penguat arus, misal 2N3055 akan lebih baik. akan tetapi Efisiensi tetap rendah. jadi sangat disarankan untuk tidak memakai IC 7805.
POWER BANK AKI MOTOR

CARA MEMBUAT POWER BANK  DARI AKI MOTOR


Demikian Sobat sedikit informasi yang dapat saya tularkan bagaimana  CARA MEMBUAT POWER BANK sendiri. memanfaatkan barang-barang Elektronik bekas, terutama yang mengandung unsur Baterai atapun Power Bank rusak tak terpakai akan membantu mengurangi limbah Elektronik. karena kemungkinan rusak hanya sepele, dan Baterai masih dapat kita manfaatkan. terutama baterai dari limbah Baterai Laptop.

Artikel Terkait

CARA MEMBUAT POWER BANK
4/ 5