MODIFIKASI PSU KOMPUTER

MODIFIKASI PSU KOMPUTER sebagai alternatif dalam penyediaan sumber listrik untuk berbagai perangkat elektronik yang sedikit rakus akan konsumsi arus memang layak dipertimbangkan, dengan alasan harga Transformator yang kian membumbung tinggi. alternatif Transformator murah dengan berbagai brand tidak menimbulkan kepuasan. mereka hanya sekedar memasang angka Ampere yang membuat kita sedikit nyengir karena bertolak belakang dengan ukuran dan berat Transformator. untuk itu  tidak ada salahnya jika kita mencoba bahkan memakai PSU Komputer yang telah di modifikasi untuk keperluan berkomunikasi Radio, Pemancar FM, atau mungkin untuk keperluan Audio Daya Menengah.

kenapa PSU KOMPUTER, bukan yang lain?
ini masalah harga saja, harga PSU Komputer bisa dikatakan Murah. dan termurah dan baru yang pernah ada Rp50.000,00. untuk yang bekas pakai lebih murah lagi, sekitar Rp30.000,00.  yang mahalpun juga ada, sekitar Rp1.500.000,00

kenapa harus di modifikasi?
pertama alasan tegangan untuk yang biasa memakainya untuk Radio Komunikasi ataupun Pemancar FM, yang kedua alasan kebutuhan Ampere. PSU komputer memiliki beberapa tegangan Output, diantaranya 5 dan 12 Volt. ini yang akan kita pakai, terutama yang 12V. untuk tegangan 5V memliki Arus yang lebih besar dibanding yang 12V. jadi kita bisa tukar Diode yang 5V dipasang ke tegangan 12V dengan harapan Arus akan meningkat. dan jika Arus ingin lebih meningkat secara signifikan bisa menambahkan Kumparan yang 12V. menambahkanya di pararel kemudian kawat di plintir sehingga membentuk satu kesatuan. jangan menambahkannya di seri, karena tegangan yang akan naik dan membahayakan perangkat elektronik yang di supplynya. akan tetapi dalam praktik ini kita tidak akan mengubah-ubah kumparannya. ukup menukar diodenya saja.

untuk yang suka berkomunikasi Radio bisa menambahkan dua buah VU meter ukuran kecil, bisa anda peroleh dengan harga sekitar Rp6.500,00. nantinya VU meter ini kita modifikasi juga supaya bisa membaca Arus dan Tegangan. jadi bisa tahu berapa Arus yang terserap dan drop tegangannya. kenapa memakai VU meter? bukankah ada Ampere meter dan Voltmeter yang siap pakai. tentunya alasan utama adalah masalah harga. disini kita memang mencoba untuk mencari Alternatifnya.

Langkah-langkah  MODIFIKASI PSU KOMPUTER:

Artikel Terkait

MODIFIKASI PSU KOMPUTER
4/ 5

2 komentar