komponen dasar elektronika dan fungsinya

elektronika adalah hobi yang menarik dan menantang untuk kita jalani. elektronika sangatlah luas cakupannya. didalam dunia elektronika banyak jurusan-jurusan yang dapat kita tekuni sebagai hobi dan bahkan sebagai pekerjaan utama. anda bisa menekuni bidang audio, video, radio, robotika, mikrokontroler, penerangan, komputer interfacing, perbengkelan, telepon seluler, listrik daya, mobil listrik, dan lain lain. sebelum kita menekuni bidang satu ini tentunya komponen dasar elektronika dan fungsinya harus kita ketahui dengan baik.

anak kecil belajar elektronika

untuk itu simak ulasan di bawah ini tentang komponen dasar elektronika dan fungsinya 
  1. Resistor. dari resistor ini ada turunan komponen resistor lain, misalnya Potensiometer. fungsi utama resistor untuk menghambat arus listrik, sehingga tegangan juga akan turun pada beban yang di hambat itu. dengan kata lain resistor bisa juga untuk membagi-bagi tegangan.
  2. Kapasitor. namalainnya adalah kondensator. kapasitor banyak jenisnya. ada yang kapasitor elektrolit, kapasitor keramik, kapasitor mylar, kapasitor variabel, dll. fungsi utama kapasitor untuk menyimpan muatan listrik.
  3. Induktor. merupakan komponen elektronika berupa gulungan kawat email dengan inti udara, besi ataupun ferit.
  4. Transistor. berfungsi sebagai penguat sinyal pada sistem audio atau radio maupun arus dalam sebuah power supply.
  5. Diode. berfungsi sebagai penyearah, tuning gelombang TV/radio (Diode Varaktor)
  6. Transformator. berfungsi sebagai penaik atau penurun tegangan AC. 
  7. Integrated circuit atau IC. merupakan rangkaian elektronik terpadu yang mempunyai funsi khusus. misalnya IC Audio, IC Video, IC Oscilator, IC Mikrokontroler, dll
nah 7 komponen dasar elektronika dan fungsinya diatas harus kita ketahui betul-betul sifat dan karakternya. semakin kita kepo semakin bagus untuk perkembangan kemampuan kita pada selanjutnya.

berikut ini sifat-sifat komponen dasar elektronika yang harus kita kenali. tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka tak tertarik.
  1. Resistor
  2. Trimpot. jika di putar bolak balik secara terus menerus akan cepat rusak. tidak bisa menggantikan Potensiometer dalam kondisi ekstrim
  3. Potensiometer. pada perangkat Audio mudah soak. akan mengganggu suara dengan suara berisik saat potensio diputar.
  4. LDR. resistansi tergantung dari kekuatan cahaya
  5. PTC. semakin panas lingkungan sekitar semakin besar hambatannya
  6. NTC. semakin panas lingkungan sekitar semakin kecil hambatannya
  7. Diode. hanya dapat mengalirkan listrik dalam satu arah saja
  8. Transistor. 
  9. Kapasitor keramik
  10. kapasitor Elektrolit
  11. Transformator
  12. IC
  13. Induktor. 
untuk lebih mengenal komponen dasar elektronika dan fungsinya secara langsung mau tidak mau kita harus praktek langsung. kita bisa mempraktekan dari hal-hal kecil yang sepele. sebagai contoh kita akan menyalakan lampu Led menggunakan sumber listrik dari Baterai Li-Ion di bawah ini. kita akan menyalakan Led 1 watt. hal yang harus diperhatikan adalah berapa Led tersebut membutuhkan arus listrik untuk menyala terang. jika kita salah perhitungan maka Led akan bermasalah atau led akan rusak.

berikut tahap-tahap uji coba sederhana menyalakan lampu Led untuk mengetahui sifat komponen dasar elektronika dan fungsinya. sebelumnya siapkan dulu
  1. baterai Li_Ion 3.7volt
  2. Led 1 watt
  3. kabel
  4. resistor 1O ohm, 15 ohm, 22 ohm, dan 47 ohm
rangkai komponen diatas seperti gambar dibawah ini. pastikan baterai Li-Ion dalam kondisi penuh. jika tidak ada baterai Li-Ion bisa diganti menggunakan Power Bank, atau Power Supply yang dapat diatur tegangannya.
rangkaian led sederhana

ganti-gantilah resistor dengan nilai lain dan amati nyala Led. jika anda menggunakan Power supply yang ada Ampere meternya maka bisa mengetahui nilai arus listrik yang diserap oleh beban.

demikian uraian singkat mengenai komponen dasar elektronika dan fungsinya silahkan dicoba-coba untuk rangkaian rangkaian sederhana lainnya supaya lebih jelas sifat-sifat komponen dasar elektronika.

Artikel Terkait

komponen dasar elektronika dan fungsinya
4/ 5