service inverter dc ke ac 3000 watt

service inverter dc ke ac 3000 watt kali ini dengan kerusakan seperti konslet. tahu kalau seperti konslet bisa dilihat dari percikan api saat kita memasang kabel aki ke inverter. tidak biasanya kok loncatan api lebih besar dari biasanya. tanpa basa-basi langsung cek menggunakan ampermeter dan voltmeter. dan benar saja. konsumsi arus besar, padahal belum dinyalakan inverternya. kuat dugaan kerusakan dari Diode Proteksi Inverter, kecurigaan juga mengarah ke Mosfet DC to DC Inverternya.

dengan penuh semangat membara ingin segera tahu biang kerusakannya secepatnya inverter 3000 watt ini aku bongkar saja. setelah itu mengamati lokasi-lokasi penting bagian dari inverter yang umumnya terdiri dari DC to DC, DC Protection, SPWM Driver, H-BRidge Mosfet, Filter SPWM, dan bagian-bagian lain sebagai pendukung sebuah inverter daya. setelah mengetahui letak-letaknya tentu akan lebih mudah dalam melacak kerusakan inverter ini.

sekilas tentang power inverter 3000 watt pure sine wave ini:


  1. DC to DC Driver
  2. DC Protection
  3. Push-pull Mosfet. menggunakan 16 buah Mosfet dengan seri HY3810
  4. Transformator. menggunakan high frequency ferit sebanyak 4 buah
  5. DC Rectifier. menggunakan Diode FR sebanyak 4 buah.
  6. SPWM Driver
  7. H-Bridge Mosfet. menggunakan delapan buah Mosfet
  8. Filter SPWM. filter cukup bagus dengan menggunakan 3 buah induktor yang digulung pada sebuah ferit.
  9. Display Monitor
  10. Heatshink. ukuran heatshink sedikit kurang meyakinkan. sebenarnya ini tidak menjadi masalah jika antara heatshink dan case bisa ditempelkan dengan baik. sehingga bodi yang gahar dari inverter ini bisa membantu membuang panas dengan lebih baik lagi.
  11. Body atau Case. case dari inverter dc ke ac 3000 watt  ini tampak begitu gagah, besar dan tinggi. 
  12. lain-lain. dengan daya 3000 watt sepertinya penggunaan kabel kabel kok kurang meyakinkan. kabel kurang besar dan terlalu lentur. biasanya kabel yang bagus itu kaku.
kerusakan inverter dc to ac 3000 watt
untuk mengetahui komponen apa yang rusak dari hasil pengamatan diatas yang menyimpulkan sementara bahwa kerusakan terjadi pada bagian Diode Proteksi dan Mosfet DC to DC karena terukur lonjakan arus yang tidak wajar. maka langsung saja mengamati dengan mata telanjang kedua bagian tersebut.

rangkaian Diode Proteksion secara fisik baik baik saja. tidak ditemukan Diode yang terbakar, retak, ataupun hancur. pengamatan berlanjut ke rangkaian berikutnya, yaitu DC to DC. disini mulai tercium bau-bau khas komponen elektronik yang terbakar. dan benar saja ditemukan beberapa Mosfet yang terbakar sebagian tubuhnya. ada juga 2 resistor yang gosong kena semburan api dari Mosfet yang terbakar.

kemudian pengamatan dilanjutkan ke rangkaian H-Bridge, yang merupakan rangkaian final dari sebuah sistem power inverter. disini ditemukan juga Mosfet yang bermasalah. sepertinya ini karena human error sewaktu menggunakan inverter ini. entah overload, kebanting, kebalik, ah entahlah. sepertinya service inverter dc ke ac 3000 watt kali ini rada-rada berat.

langkah selanjutnya service inverter dc ke ac 3000 watt ini adalah proses penggantian beberapa Mosfet yang terbakar. dimulai dengan Mosfet bagian DC to DC kemudian ke Mosfet H-Bridge.

Artikel Terkait

service inverter dc ke ac 3000 watt
4/ 5

3 komentar

1 Juli 2017 pukul 05.59 delete

Bos mau tanya , klo inverter 3000 Watt di colok ke mobil untuk menyalakan vacuum cleaner 1000 Watt kira kira gimana kuat ga?trus gampang jebol ga inverter nya

Reply
avatar
1 Juli 2017 pukul 07.19 delete

inverternya apa bos? sdh pure sine wave? klo aki >100A kuat

Reply
avatar
4 September 2018 pukul 23.44 delete

kalo mosfet utk Inverter TBE 3000w sama gak typenya dengan ini gan?

Reply
avatar