Bikin Kontroler PLL Radio Yaesu FTL-1001

Yaesu FTL-1001 merupakan Radio Transceiver yang bekerja pada frekuensi 66- 88 MHz pada modulasi FM. pemilihan frekuensi kerja menggunakan 8 chanel selector. tentu saja ini menjadi sangat tidak menarik untuk digunakan karena keterbatasannya. maka dari itu tepat sekali jika di buatkan sebuah pengendali digital untuk keluar dari masalah keterbatasan.

Bikin Kontroler PLL Radio Yaesu FTL-1001

okelah kalau begitu, lalu bagaimana mewujudkan keinginan itu? http://hobyfauzi.tk siap menyajikannya kepada anda penggemar Modifikasi Radio Chanel.

jawabanya adalah Mikrokontroler dan El Ci Dih alias LCD. mikrokontroler mengolah semua proses yang terjadi, sedangkan LCD menampilkan informasi yang dibutuhkan. dipilihlah Mikrokontroler yang pas, yang banyak tersedia di pasar indonesia dan tentu saja murah namun handal. siapa lagi kalau bukan Atmega8A jenis SMD. Atmega8A jenis SMD lebih kuat dan bandel dibanding yang jenis DIP.

sedangkan untuk penampil dipilih LCD yang sudah sangat akrab dan mainstream, yaitu LCD 16x2. dengan tujuan tetap pada kesederhanaan dan biaya murah. gak usah lebay pakai TFT Colour LCD, toh yang dinikmati adalah fungsionalnya. gayanya dikit saja. dan saya yakin seyakin yakinnya Radio Yaesu FTL-1001 ini akan tambah gantengan dikit dengan di tambahkannya kontroler PLL ini.

berikut ini skema dari kontroler Yaesu FTL-1001 hasil rancangan saya yang sudah saya simulasikan di Proteus.

briker fm mania

Yaesu FTL-1001 menggunakan IC PLL MC145152 dengan 16 bit input pembagi jenis pararel input. terbagi menjadi 10 bit N counter dan 6 bit A counter. oleh karena itu pada skema diatas digunakanlah IC shift register 74HC595. fungsi IC 74HC595 adalah serial in/pararel out. sangat cocok digunakan untuk keperluan pengendalian yang membutuhkan banyak Port.

fasilitas tambahan kontroler PLL Yaesu FTL-1001
  • Rotary Dial
  • Duplex
  • Memory
  • Scan
  • dll


Berikut layout PCB kontroler PLL yaesu FTL-1001 hasil rancangan menggunakan software Proteus Ares
Bikin Kontroler PLL Radio Yaesu FTL-1001

PCB kontroler PLL yaesu FTL-1001 ini seukuran LCD 16x2. sehingga sangat praktis dan pas. dengan menggunakan komponen SMD tentu akan menghasilkan performa yang lebih bagus. penggunaan SMD juga membantu mengurangi limbah kaki komponen dan sisa-sisa kotoran pengeboran PCB.

Berkut hasil  kontroler PLL Yaesu FTL-1001 yang sudah selesai dirakit

Bikin Kontroler PLL Radio Yaesu FTL-1001

yang menjadi pemikiran selanjutnya bagaimana, mau di tempatkan dimana kontroler PLL yaesu FTL-1001 ini. mengingat fisik dari Transceiver ini kecil. bagian depan sudah dipenuhi dengan panel-panel bawaan. itu soal nantinya sajalah yang terpenting kontroler ini sudah bisa bekerja.

Bikin Kontroler PLL Radio Yaesu FTL-1001


ditunggu kelanjutannya yah........

Artikel Terkait

Bikin Kontroler PLL Radio Yaesu FTL-1001
4/ 5

2 komentar

25 Mei 2021 pukul 07.36 delete

Yaesu ftl 1001 masih ada gk? Mau dijual berapa

Reply
avatar
The major
2 November 2021 pukul 02.28 delete

how much for the code and plans??

Reply
avatar